Agustus 02, 2015

Jalan-jalan : Anyer

Sebagai warga Tangerang yang sudah sah sejak nikah, rasanya tetep nggak sah ya kalo belum explore area Banten, terutama Anyer. Setelah sekian taun tinggal di Tangerang, baru tahun ini gw berkesempatan mengunjungi Anyer.

Anyer? Kaya apaan sih itu? Pantai doang si sepengetahuan gw. Tapi ngga komplit ya kalo tau doang dan nggak kesana. Ok, kali ini gw akan ngebahas jalan2 ala gw ke Anyer. Gw menginap 1 malam di sebuah penginapan murmer nan mursida namanya: Umar Mexy. Semalem 300 ribu aja. Fasilitas standard lah, yang penting ada AC dan parkiran mobil, itu syarat utama gw. Letak penginapannya dekat Hotel Marbella.

Sebelum ke penginapan, gw mampir dulu ke Karang Bolong. Parkir di depan langsung dipatok 20 ribu. Wuiiih.. dahsyat, trus masuk ke Karang Bolongnya bayar lagi, lupa berapa. Di dalemnya ada kaya tempat main anak2, pantai, dan si karang yang bolong itu. Kita juga bisa naik ke bagian atasnya, karena ada tangga yang dibuat dari batu.

Tiket.



Ini foto di dalem karang bolongnya, berhubung udah agak sore dan gelap, jadi kaya siluet.


Karena penasaran, gw dan misua menaiki bagian atas karang ini. Dan ternyata di atas ujan deres. Untung ada kaya pendopo gtu, jadi kita ngga kehujanan, tapi tetep aja kena tampias. Nah disana ada tangga turun di sisi lain, kalo disitu pemandangan bagusss banget, cuma karena ujannya awet, jadi gw ngga berani kesana karena jalan licin.

Di pendopo, baby F duduk di stroller karena kalo ngga, bisa kena tampias air hujan.


Malamnya gw makan di deretan tempat makan di sebrang Karang Bolong. Ternyata harganya dahsyat sekali sodara2. Si Ibu yang jualan langsung bilang, disini ada harganya, ngga bakal ditipu. Memang si di menu ada harganya. Cumi asam manis 90 ribu, ikan kakap 80 ribu.

Nah akhirnya gw dan misua memutuskan nyobain, mungkin harga segitu porsinya gede.
Ternyataa.. kuciwaaa...
Porsi biasa aja, ngga banyak. Si Ibu yang jualan bilang setengah kilo, ternyata ngga. Sebel deh. Ok lah, cukup sekali aja makan disitu, ngga lagi2 lah.

Next day, gw jalan2 area pantai. Gimana caranya ke pantai? Ternyata gampang banget sodara2. Kita tinggal nyebrang lalu jalan sedikit menuju Hotel Marbella. Nah sebelum Hotel Marbella, ada gang kecil menuju pantai, kita telusuri aja, trus nyampe deh di pantai. Soalnya ya, di Anyer ini, banyak pantai2 yang kudu bayar, hiiiy gw si males banget ya. Nah kalo lewat jalan ini ga kudu bayar. Gw jalan bareng misua dan baby F. Jalannya agak2 becek gtu lah, masih bertanah dan sedikit berbatu. Disini nih tempat diujinya ketahanan stroller baby F, untungnya tahan lho strollernya.

Sampe di pantai, kita mampir ke payung2 yang ada jualan es kelapanya, sekalian duduk2. Selama kita duduk, banyak pedagang otak2, pisang, emping yang menawarkan dagangannya. Akhirnya gw beli emping dan pisang. Nah karena penasaran, misua beli otak2, dan ternyataaa... tipissss banget, kulit pisangnnya aja yang tebel. Emping? biasa ajalah rasanya, ngga enak yang gimana banget. Pisang? ini dia yang worth to buy, gw cuma bayar 10 ribu dapet pisang raja sesisir. Lumayaaan daripada manyun :p



O ya, melipir sedikit ke kiri, kita udah nyampe di pantai Marbella. Tapi kalo masuk ke Marbellanya bayar ya dari depan, kalo ngga salah 50 ribu per orang. Whuaaa lumayan ya. Tapi di dalem Marbella ada kolam renangnya, mungkin itu yang bikin bayar.

So far, pantai Anyer ini cukup bersih, oke lah buat tamasya. Disini juga ada banana boat tapi ngga tau harganya berapa, soalnya gw cuma jalan2 aja di pantai ini.

Perjalanan dari Tangerang ke Anyer ini memakan waktu sekitar 2 jam. So far, menurut gw agak kurang menarik si anyer ini. Soalnya pas kesana, kita kan masih belum dapet penginapan, nah disana tuh banyak banget penginapan kaya vila2 gtu, di pinggir pantai, tapi ngga terorganisir, jadi yang ada cuma yang jaga aja (biasanya satpam atau tukang bersih2). Pas tanya harganya berapa, langsung dipatok 1 juta per malam. Males banget deh, mending ke hotel sekalian, jelas ada pelayannya.

Balik lagi? Yaaa boleh aja, asal ngga dari kocek sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar