Mei 11, 2015

Cara Mengusir Semut Dari Beras Merah

Siang-siang tetiba gw pengen makan pisang goreng. Pas mau ngambil tepung di lemari, laah koq aneh ya, di lemari ada semut2 merah. Ternyata semut merahnya ngerubungin plastik isi beras merah. Gawat nih. Memang untuk beras merah gw ngga taro di rice box, karena belom ada rice box khusus buat beras merah, adanya yang buat beras putih biasa. Akhirnya gw mikir, gimana cara nya ini semut bisa pergi dari beras tanpa gw harus makan semutnya. Gw googling, ngga nemu cara yang sreg. Akhirnyaaa..

Gw nyalain rice cooker yang diisi dengan sedikit air, tutup dengan wadah bolong2 (bentuknya seperti mangkok bolong2 dan biasanya dapet dari paketan rice cookernya). Taruh beras merah di wadah kecil / mangkok, dan taruh di atas wadah bolong2 tersebut. Tak lama semut2 pun naik ke bagian atas.

Setelah semut2 naik, angkat mangkok dan bersihkan semut. Kalo gw sih langsung gw lap pake kain basah bagian atas mangkok, jadi semut2 nya ngga berhamburan. Siapkan mangkok kecil lain, dan mulai gw pilah2 dengan sendok. Maksudnya diliatin tiap sendok beras merah yang masuk ke mangkok yang baru, masih ada semut atau ngga. Tapi karena di kasus gw beras merahnya cukup banyak, jadi gw pilah ke mangkok kecil, lalu mangkok kecil itu di taruh lagi di atas wadah bolong2 agar semut2nya keluar, lalu pindahkan lagi ke mangkok lain, begitu seterusnya sampai semut hilang.

Hasilnya, semut benar2 hilang dari beras. Setelah itu beras langsung gw pindahkan sementara ke kotak kedap udara (bisa pakai lock & lock), jangan lupa diantara beras, selipkan cabai mercon 3 buah.

Mulai sekarang, ngga lagi2 deh naro beras di kantong plastik. O ya, semut2 yang di dalam beras ini semut merah yang kecil2. Sempet kena kegigit, lumayan juga sakitnya.

Buat yang punya beras yang dirubungin semut, boleh juga dicoba cara gw ini, tapi musti sabaaar liatin masih ada semut yang nyelip atau ngga.

Gara2 ngurusin semut2 ini, mood gw buat bikin pisang goreng sirna sudah -.-

1 komentar: