Mei 05, 2015

Menu MPASI / MPSUFOR

Setelah sebelumnya gw posting tentang persiapan MPSUFOR baby F, sekarang baby F usianya udah 180 hari lebih dan tentunya udah ngerasain beberapa menu. Sebenernya banyak banget ya aliran yang gw baca2 mengenai apa menu yang pertama kali masuk ke perut baby. Ada yang bilang buah dulu, sayur dulu, serealia, dsb. Kalo gw termasuk penganut buah dulu, soalnya lebih mudah didapat dan ga perlu olah2. Untuk memberikan MPSUFOR ini, gw ngga ngikutin 4 days rule, kadang 3 hari ajalah gapapa, hahay.. mana tahan gw ngga bikin2 menu baru buat baby F, ditambah lagi gw emang doyan masak. Selagi baby F ngga menunjukan tanda2 alergi, lanjut terus bikin menu baru.

Berikut olahan MPSUFOR yang udah dicoba baby F, dan tentunya udah gw cobain juga.

- Tepung Gasol Beras Merah Wangi > Kalo tepung berasnya aja tawar rasanya. Jadi setiap kali makan ini, selalu di mix dengan sufor Enfamil A+ tahap 2. Kalo ini aja baby F ngga demen, rasanya tetep aja tawar, karena sufor nya juga agak tawar. Jadi gw mix lagi dengan kaldu atau pure buah.

- Tepung Beras Rose Brand > Sebenernya gw ngga tau ya tepung beras yang sering dibuat kue ini boleh apa ngga jadi MPASI. Gw baca di buku panduan dari RS, katanya disuruh kasi bubur susu yang terdiri dari tepung beras campur susu, kebetulan ni tepung ada di rumah, ya gw coba kasihin aja. Tapi di beberapa forum, gw liat juga ada koq Ibu2 yang kasih ini ke babynya. 

- Aneka buah > Srikaya adalah buah pertama yang masuk ke mulut baby F. Kenapa srikaya? Soalnya gw punya pohon srikaya, dan waktu itu pas lagi berbuah lebat, jadilah sedikit gw kasih coba ke baby F. Ngga tau juga si sebenernya ni buah boleh apa ngga. Selain srikaya, baby F juga pernah coba buah pear, plum, apel malang, pisang, jeruk baby. Untuk pear, banyak yang bilang bisa menyembuhkan sembelit, di beberapa forum dibilang pake pear Xiang Lie, tapi gw ngga pake itu karena kebetulan di kulkas ada pear Wang Shan, jadi gw kasih aja pear Wang Shan itu. O ya, dari beberapa buah yang dicoba baby F, yang bikin sembelit adalah buah apel malang dan pisang. Pup nya jadi keras warna hijau kehitaman, hiiiy, ngeri benerrr.

- Oatmeal > Ini gw bikinnya dicampur sama tepung beras merah dan sufor, eeeh ternyata ditolak mentah2 sama baby F. Akhirnya ya mix sama pear, jeruk baby, atau kaldu, baru deh mau makan.

- Sayur2an > Gw sebenernya bingung si mau ngasih apa, secara gw juga ngga demen sama sayur, misua apalagi. Jadi sayur yang gw beli ya bener2 buat baby F doang. Baby F udah cobain brokoli, dan tentunya ditolak dan pake acara GTM (gerakan tutup mulut) segala. Jadilah pemberiannya dicampur sama buah atau kaldu.

- Kentang > Gw ngga ngerti benernya kentang masuk buah atau sayur ya. Tapi makan ini baby F ngga suka karena tawar dan ternyata bikin sembelit.

- Kaldu ayam > Ini makanan favorit baby F versi asin2 nya. Kaldunya gw bikin sendiri tentunya, dan selalu ada stock di freezer.

Selain menu2 diatas, masih banyak lagi yang mau gw kasih coba ke baby F. Tapi ya, nanti dulu lah, secara stock di kulkas masi buanyaak. Karena makannya juga masih sedikit dan sehari paling 2-3 kali aja, jadi lama habis nya itu persediaan di kulkas.

O ya, selain homemade food diatas, baby F juga suka instant food kaya macem Milna, Promina, Cerelac. Cuma pernah ada 1 biskuit yang kurang disukai baby F, yaitu biskuit Sun. Gw dulu ngasih ini ke baby F karena iseng aja coba2 in biskuit, ternyata dia ngga suka, dan menurut gw rasanya memang agak aneh si, beda dengan Milna. Berikut beberapa persediaan instant food baby F yang masih ada. Untuk tepung gasol, di dus nya si tertulis non instant ya karena harus dimasak dulu, walopun gw sebenernya masih agak2 ragu.







Sufornya, baby F tetep lanjut pake Enfamil a +, setelah sebelumnya pake Enfamil a+ tahap 1 yang pernah gw posting sebelumnya disini. Ternyata kemasan baru Enfamil ini tampil dengan warna pinkih yang cuteee..


Mengenai instant food dan berbagai pro dan kontra nya, menurut gw si kembali lagi ya ke kondisi masing2 orang. Mungkin ada yang sibuk sehingga memilih pakai instant food, atau ada yang punya waktu luang banyak sehingga bisa membuat homemade food. Gw si tipe yang kalo dirumah ya sebisa mungkin kasi homemade food, kecuali emang lagi sakit dan ngga sempet masak, baru deh pake instant food. Kemudian jika sedang bepergian juga, instant food sangat membantu, karena tidak repot menyiapkannya.

Sekian beberapa hal yang bisa gw share mengenai menu MPASI / MPSUFOR. Semoga bermanfaat..

Notes: Buat buibu yang baru mau lahiran / lagi persiapan perlengkapan babynya / mau belanja baju unyu2 buat anaknya , boleh dong mampir ke lapak perlengkapan mom n baby gw, hehehe.. dijamin harga murah, silakan dibandingin dengan toko sebelah. Bisa transaksi melalui tokped nya atau langsung contact gw:
https://www.tokopedia.com/starlightshopcs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar