Mei 06, 2015

Unuseful Baby Items

Buat para calon Ibu yang baru pertama kali punya baby, pastinya semangat banget buat blanja blenji perlengkapan baby. Ada yang mulai belanja dari usia kehamilan 7 bulan, ada juga yang di trimester pertama udah mulai mencicil. Kalo gw si termasuk yang udah blanja dari sekitar usia 5 bulan kehamilan, yaaa.. dicicil lah ya, mulai dari belanja di baby shop, supermarket, dan belanja online.

Saat belanja, gw dulu selalu baca2 review perlengkapan baby apa yang bagus, dan tentunya barang tersebut bakal kepake ngga ya. Secara kalo namanya anak pertama, apa2 rasanya mau dibeli semua, dan berakhir dengan kalap. Dari pengalaman gw belanja perlengkapan baby, setelah baby F sekarang berusia 6 bulan lebih, mulai keliatan nih barang2 apa yang sebenernya tuh kurang kepake. Berikut list nya.

- Popok tali > Ini pembelanjaan yang paling gw sesali. Gw kan baca2 persiapan perlengkapan baby, banyak yang bilang popok tali sediain aja 1 atau 2 lusin, dan ternyata ini di gw nyaris ngga kepake. Gw yang saat itu baru nyadar bahwa penggunaan popok tali tak semudah bayangan gw sebelum lahiran. Masa setiap kali baby F pipis gw harus ganti popok talinya gitu? Ebuset, ngga sanggup dah. Akhirnya untuk memberdayakan popok tali ini, di bagian dalam gw isi dengan insert clodi, supaya gw ganti popok nya ngga setiap kali baby F pipis. Dan gw bener2 menyadari bahwa bener2 ngga penting banget ini. Mana popok tali yang gw beli merk libby dan 1 lusinnya sekitar 100 ribu lebih. Yaa walaupun cuma segitu, tapi menurut gw sayang aja ya, duit segitu kan bisa dibeliin clodi lokal 1 pcs.

- Bak mandi > Sejak baby F di dalem perut, gw udah persiapkan baby bather dan ngga mau mandiin baby F di bak. Kebayang seremnya ngangkat2 dan nyemplungin newborn yang masih piyik2 ke dalem air. Eeeh, ternyata MIL beliin bak mandi. Akhirnya gw pake sebentar, buat nyemplungin baby F di air mandi yang udah dicampur Lactacyd, karena baby F alergi. Tapi bak itu kepake sekitar 1 bulan doang, dan seiring dengan pertambahan berat badan baby F, ngga sanggup ngangkat2 dia ke bak, pake baby bather lebih praktis. Untung bak mandi nya boleh dikasih ya, jadi ngga nyesek juga kalo ngga kepake.

- Toiletries > Yang gw maksud disini macem toiletries yang banyak dikadoin dan yang gw beli sendiri tapi ternyata ngga cocok di baby F. Gw udah siapin pigeon head to toe, pas dipake baby F kulitnya merah2. Pake J&J juga sama nasib kulitnya. Giliran pake Zwitsal baru cocok sekitar udah masuk usia 4 bulanan. Dari 0-3 bulan baby F kudu pake Lactacyd Baby baru kulitnya ngga alergi. Toiletries lainnya jadi ngga kepake deh, dan akhirnya mak nya inilah yang pake. Tapi untungnya percobaan toiletries baby F cukup sampai di Zwitsal, jadi gw ngga perlu beli toiletries macem calbay / corine de farme *kekep dompet :P

- Selimut > Gw agak merasa bersyukur, karena gw cuma beli 1 buah selimut buat baby F, dan ternyata dapet kado banyak. Dari kado tersebut udah dibuka beberapa, niatnya buat ganti2 kalo selimutnya lagi ada yang dicuci. Eeeh kenyataannya malah baby F ngga suka pake selimut. Setiap kali diselimutin, pasti kakinya gerak2 ngga nyaman, mau itu pake selimut tipis atau tebel. Jadilah selimut2 hanya dipake semingguan aja, dan setelahnya masuk lemari.

- Sterilizer > Untung juga ini dapet kado, secara gw ngerasa ribet steril pake alat. Mending pake cara jadul, pake air panas atau direbus sebentar. Jadi yang kepake dari sterilizer ini hanya pencapitnya saja, yang lain masuk lemari.

- Tas bayi > Dapet dari kado dan ngga ada satupun yang kepake. Gw lebih seneng pake tas ransel polos karena yang bawa tas nya tak lain tak bukan ya misua, sebisa mungkin ngga pake tas yang kebayi-bayi an. 

- Pospak > Saking gw sering baca forum Ibu2 macem femaledaily, theurbanmama, dan setiap ada promo gw pasti beli pospak. Gw dulu pikir buat jaga2 kalo gw capek, sakit, jadi ngga bisa pake clodi. Lah kenyataannya pospak jadi jarang kepake, palingan pas keluar rumah aja, sedangkan stock pospak gw masih buanyaak banget, dalam berbagai ukuran pula, hahaha.. Yah beginilah nasib mak2 kalap belanja pospak. Tapi ya, gw ngga pernah buang pospak koq. Gw selalu ukur pertambahan berat badan baby F dan jumlah pospak yang gw punya, jadi masih tetep bisa dipake sama baby F dengan ukuran yang pas dan ngga sempit. Ada juga yang gw kasi orang yang mau lahiran

- Nipple cream > Gw beli nipple cream nya Piegeon dengan ukuran agak besar, dan ternyata kepake hanya seuprit, karena baby F kan mix sama sufor. Ya sudah lah, cream nya masih bisa dioles di bagian lain, contoh tapak kaki kalo kalo lagi kasar bisa terselamatkan dengan nipple cream ini.

- Celana > Entah kenapa gw ngga demen ya pakein baby F celana. Jadi kalo pake clodi ngga dipake celana lagi, mungkin kalo nanti udah bisa jalan baru clodinya ditutup celana. Selama ini kalo keluar rumah dan pake pospak, gw lebih demen pakein baby F sleepsuit, simpel dan ngga repot. Alhasil dari banyak celana yang dipunya hampir semuanya dikasi ke temennya misua yang istri nya mau lahiran.

Sekian dari gw beberapa perlengkapan baby yang akhirnya dikasih ke orang atau berakhir naas di lemari gara2 kekhilafan belanja.

Notes: Buat buibu yang baru mau lahiran / lagi persiapan perlengkapan babynya / mau belanja baju unyu2 buat anaknya , boleh dong mampir ke lapak perlengkapan mom n baby gw, hehehe.. dijamin harga murah, silakan dibandingin dengan toko sebelah. Bisa transaksi melalui tokped nya atau langsung contact gw:
https://www.tokopedia.com/starlightshopcs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar