Mei 21, 2015

Pengalaman 9 Bulan Kehamilan

Siang-siang gini tetiba gw pengen cerita tentang masa2 kehamilan yang pernah gw alami. Tentunya hal-hal yang terjadi saat 9 bulan ini pastinya ngga sama ya dengan apa yang orang lain rasakan, karena masing2 orang akan berbeda respon tubuhnya saat hamil.

Ok, awalnya kapan sih ngerasa hamil? Gw termasuk mak2 galau ni. Hamil ngga ya? Banyak banget gw liat di forum2, Ibu2 pada nanya apakah dia hamil atau ngga dengan menyebutkan ciri2 nya. Ya kalau mau pasti, pakai test pack aja, dari pada pusing hamil atau ngga. Tapi.. yah namanya juga penasaran, tetep aja nanya ke orang2 walopun belum test pack. Kalo gw sendiri ngerasa hamil hanya berdasarkan feeling aja. Gw ngga ngerasain apa-apa di minggu pertama kaya sering pipis, mual2, dsb.

Kapan sebaiknya mulai pakai test pack? Karena gw baca ada salah satu merk test pack yang bilang bisa digunakan 1 minggu setelah berhubungan, jadilah gw pakai itu, btw merk nya Sensitif (langsung aja ya gw sebut merk). Tapi hasilnya... 1 garis tebal dan 1 samar2. Udah makin yakin lah gw kalo gw hamil. Karena gw baca2, kalau ada 2 garis, walaupun ada 1 yang samar, itu menandakan sudah hamil.

Ngga puas hanya dengan coba merk Sensitif, gw coba merk Woman Choice, Akurat, dan Direct Test. Untuk merk Woman Choice ini gw dapetnya di Guardian, Akurat di Dan Dan, dan Direst Test di Hypermart. Yang paling mahal merk Direct Test karena ada tempat penampung pipisnya. Dan dari merk2 test pack yang gw coba, menurut gw paling ok yang merk Woman Choice. Gw test nya hanya jeda 1 hari dari test pack Sensitif. Jadi misal hari ini gw pake Sensitif, besokannya gw langsung coba merk lain disaat yang bersamaan. Kenapa Woman Choice? Soalnya dia yang paling kereng garis nya, yang lain masih ada garis samar, tapi di Woman Choice ini kedua garis cukup tebal.

Setelah test pack, seminggu kemudian gw ke RS. Gw sebelumnya juga browsing2 dulu kira2 nanti mau lahiran dimana, pake obgyn siapa, dsb. Akhirnya jatuhlah pilihan gw ke RS Carolus Summarecon Serpong dengan dr. Maria Ratna. Cek pertama kali pas hari kerja, gw ambil cuti setengah hari (siang), dan dengan bodohnya gw ke dokter masih pake pakaian kantor dengan rok span, hahaha.. lha ternyata di RS langsung di USG transvaginal, harusnya gw ganti rok dulu lah sebelumnya.

Rasanya USG transvaginal tuh sesuatuuu banget. Ampun deh ngga nyangka gw kalo pertama kali dateng langsung di USG itu. Di layar belom keliatan apa2, tapi kata dokter dinding rahim udah menebal. Dokter juga tanya gw udah test pack apa belum. Setelah itu dia kasih resep vitamin kehamilan. Disuru balik lagi 1 bulan kemudian. Katanya dede nya masih dalam perjalanan, jadi belom kelihatan di USG -.-

Sebulan kemudian gw kembali. Dan ternyata udah kelihatan. Senangnyaaa.. Tapi tetep ya USG nya pakai yang transvaginal. Dokter udah memprediksi tanggal kelahiran baby dengan mesin.

Selanjutnya gw melakukan check setiap sebulan sekali sampai usia kehamilan 7 bulan. Saat 7 bulan mulai check dilakukan 2 minggu sekali, dan saat 8 bulan mulai 1 minggu sekali sampai hari perkiraan lahir tiba.

Banyak hal yang gw alami selama masa kehamilan ini, seperti:

- Bulan 1-4 : mual menjadi-jadi saat minggu ke 3, tapi untungnya gw muntah cuma 2 kali aja selama hamil. Muntah itu ngga enak, jadi sebisa mungkin kalo mual gw tahan2 supaya ngga muntah. Morning sickness juga gw alami, tapi ngga terlalu sering. Setiap bangun pagi pala keleyengan. Gw juga jadi ngga suka sama bau masakan, bau nasi, telor, bawang apalagi. Huweeek, rasanya mau muntah. Jadi kalo gw mau makan di rumah, itu masakan kudu dingin dulu, baunya ilang dulu baru gw bisa makan. Akhirnya, yang dulunya gw selalu bawa bekal masakan ke kantor, jadilah gw langganan catering sampe gw selesai hamil, ngga kuat gw kalo masak baunya itu lho. O ya, di bulan ke 4 ini gw diminta cek darah lengkap di RS.

- Bulan 5-6 : mual berkurang. Pusing dan keleyengan masih ada saat bangun pagi. Tenaga rasanya berkurang, padahal ngga ngapa-ngapain. Nafsu makan perlahan-lahan membaik, tapi tetep ngga bisa cium bau-bauan makanan. Morning sickness hampir ngga ngalamin lagi. Mulai gatel ini kaki kepengen ke baby shop walaupun capek.

- Bulan 7-9 : mual masih ada hanya kalau nyium bau-bau masakan. Tenaga makin habis. Berdiri sebentar capek. Gampang ngos-ngosan. Nafsu makan mulai agak menggila. Makan mpek-mpek habis 2 porsi. Apalagi pas bulan ke 9, wuiiih.. minum air aja bisa jadi daging kali. Berat badan naik drastis gegara nafsu makan yang menggila. Kaki dah ngga kuat ke baby shop, belanja online pun jadi. Orang kantor sampe hafal, kalo ada paket, pasti itu paket perlengkapan baby gw hasil belanja online.

Selama masa kehamilan, gw termasuk yang jaraaaang banget makan sayur. Buah masih agak sering. Tapi kalo udah sayur, selain sop gw ngga makan. Ngidam gw si ngga ngalamin ya. Gw cukup rasional lah ya kalo lagi ada kepengenan. Cuma pas hamil ada kepengenan minum air tebu dan termasuk sering makan mpek-mpek. Itu mbak2 di rumah makan mpek-mpek nya sampe hafal gw sama misua saking seringnya dateng kesana. Udah gitu pas lahiran dan bawa baby F kesana, mereka juga masih inget.

Sekian pengalaman 9 bulan kehamilan gw. Kalo gw denger2 dari cerita orang, ada juga lho yang mengalami mual2 dari awal sampai akhir kehamilan dan jadi susah makan. Ada juga yang ngga ngerasain mual sama sekali. Sebenernya mual2 ini bikin gw cukup trauma si untuk hamil lagi. Mual itu ngga enak banget, apalagi kalo ada bau2 an yang ngga enak. Pas hamil gw juga pernah ngalamin pilek, tapi ya namanya bau masakan, tetep aja kecium biarpun lagi pilek.

Semoga pengalaman gw ini sedikit bisa memberi gambaran bagi para calon Ibu :)

Notes: Buat buibu yang baru mau lahiran / lagi persiapan perlengkapan babynya / mau belanja baju unyu2 buat anaknya , boleh dong mampir ke lapak perlengkapan mom n baby gw, hehehe.. dijamin harga murah, silakan dibandingin dengan toko sebelah. Bisa transaksi melalui tokped nya atau langsung contact gw:
https://www.tokopedia.com/starlightshopcs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar