Mei 22, 2015

Bayi Terjatuh

Bagi Ibu yang baru pertama kali punya baby, pastinya apa-apa pengen serba perfect. Tapi apa yang akan kita lakukan kalau si baby terjatuh? Panik? Telepon dokter?

Sebagai Ibu 1 anak, awalnya gw yakin 100% kalo baby F ngga bakalan jatuh karena gw jagain dia dengan ekstra. Tapi apa daya, baby F pernah beberapa kali jatuh. Beberapa tempat yang rawan untuk jatuh adalah:

- Kasur : ini kayanya paling sering ya. Mau itu kasur yang kita pakai, atau kasur busa yang ada di lantai. Baby F udah beberapa kali jatuh dari kasur busa yang ada di lantai. Kan gw kalo siang2 suka buka komputer yang letaknya emang agak jauh dari kasur busa tersebut, eeeh tiba2 aja gw denger baby F nangis, ternyata dia udah terlentang di lantai. Begitu diangkat, nangisnya langsung berhenti, dan ketawa2 lagi.

- Baby bather : kejadiannya saat gw mau mandiin baby F, tapi handuk ketinggalan di luar. Nah gw ambil sebentar keluar dan baby F sendirian di kamar mandi, tiba2 kedengeran suara nangis kejer, ternyata baby F berusahan berguling dari baby bather nya, alhasil badannya jatuh tengkurep di lantai. Aduuuh gawat dah. Mana lantai kamar mandi lagi licin2 nya. Next gw ngga bakal ninggalin baby F sendirian di kamar mandi.

- Bouncer : ini sebenernya ngga sampe jatuh, tapi hampir. Ceritanya gara2 baby F mau tengkurep di bouncer. Laaah ngga bisa lah ya.. Kebetulan pas di samping bouncer ada jemuran besi, kepentoklah kepalanya pas mau tengkurep. Tapi untung juga kepentok, kalo ngga begitu badannya udah jatuh ke lantai.

Kalo udah jatuh, apa yang sebaiknya kita lakukan? Dari yang gw baca2 si, kita lihat terutama bagian kepala, ada yang benjol atau tidak. Lihat juga posisi jatuhnya tengkurap atau terlentang. Jarak perkiraan jatuhnya (misal dari kasur busa di lantai, berati sekitar 15 cm-an). Amati perilakunya, apakah ada kelainan pada cara pandangnya, muntah atau tidak, masih aktif atau tidak. Tapi kalau mau lebih pasti ya bisa ke dokter anak untuk pengecekan lebih lanjut.

Pernah juga baby F kepalanya kepentok pintu gara2 kan gw pake gendongan jarik dirumah, nah pas mau nutup pintu, eeeh kepalanya kena pintu yang mau ditutup itu. Ampun deh, ngerasa bego banget gw jadi emak.

Sejauh ini si baby F baik2 aja, ngga pernah benjol, dan kalo kepentok ataupun jatuh, begitu digendong langsung diem dan ketawa2 lagi. Syukurlaahh.. Yang penting, kita jangan panik kalo anak jatuh. Kalau terjadi sesuatu yang agak parah sebaiknya langsung dibawa ke RS.

2 komentar:

  1. klo waktu anakku umur setahun ke bawah blm pnh jth dari baby bather karena emang blm banyak tingkah. Tapi sekarang jd sering jomplang ke depan gara2 gak mau diem. Mau gak mau klo mandiin harus diinjek baby bather bagian belakangnya supaya gak jomplang

    BalasHapus
  2. Yang diinjek bagian yang di belakang kepala ya maksudnya? Bisa jadi trik juga nih nanti kalo babyku lasak pas dimandiin :)

    BalasHapus