Februari 12, 2015

Review Clodi ( Cloth Diaper )

Setelah baby F menjadi pengguna clodi sekitar 3 bulan, akhirnya emaknya ini membuat review clodi2 yang dipake baby F. O ya, clodi yang bakal direview semuanya clodi lokal ya, berhubung gw masih belum rela beli clodi import yang harganya 300ribuan. Jadi sebelum beli clodi, gw udah tetapkan budget untuk 1 buah clodi maksimal gw keluarin duit 100 ribu.

- Cluebebe
*** Clodi merk ini motif nya lucu2, dan setelah membaca banyak review, banyak yang bilang cluebebe ini ok, jadilah gw beli 4 pcs sekaligus (mak2 kalap). Awal2 nya sih ok ya, tapi setelah dipake berhari-hari, dibandingin sama merk lain, koq lapisan PUL nya ini cenderung tipis ya dibanding Minikinizz. Insert gampang banget jadi kaku setelah dijemur. Bocor juga pas dipake baby F. Yang gw punya model velcro semua. Gw punya cluebebe pocket yang ukuran all in one dan 1 yang large. Yang large ada leg gusset nya, yang all in one ngga ada, dan inner nya cluebebe large kerasa lebih lembut ya dibanding yang all in one.

- Minikinizz
*** Nah ini satu2 nya clodi model snap yang gw punya. Ribet ternyata model cetak cetek begini. Gampangan model velcro (prepetan) ya. Ini ada inner gusset nya. Yang gw suka PUL nya tebel.Tapi insertnya kayanya kurang nampol ya, jadi kalo malem biasanya gw pake ini tapi insert nya dari Nathabam yang 4 layer. Pernah bocor juga tapi kalo bocor ngga beleber kaya pake cluebebe.

- Pempem!
*** Clodi paling fit di baby F saat baru lahir. Tapi baby F pake clodi mulai usia 1 bulan, dan Pempem! ini ukurannya pas, ngga bulky. Insert nya gw punya yang litty, tipis, penyerapannya ok, gampang kering pula di musim ujan begini. Pernah bocor juga. Pempem ini ngga ada inner gusset atau leg gusset nya, ini yang gw sayangkan, padahal kalau ada inner gusset atau leg gusset kan jadi mencegah bocor samping.

- Ecobum
*** Pas gw beli clodi ini, pas bener2 awal launching, gw beli langsung 3 model pants semua. Memang sih kalau model pants harusnya dipakai baby yang usianya udah agak gede, tapi gw penasaran. Dan ternyata di usia 3 bulan gini, dipakai baby F, kancing nya pakai 1 tingkat sebelum yang paking akhir, terbukti deh ngga terlalu kegedean ternyata pakai model pants. Ada double leg gusset juga. Bahan inner nya suede yang katanya lebih kering dibanding fleece, ternyata bener. Dan double leg gusset nya ini mencegah bocor samping. 

Baru segitu aja sih merk clodi yang dipunya baby F. Total ada 9 clodi. Lalu ada beberapa insert Nathabam yang dibeli untuk ganti2, karena insert suka lama kering nya. Ada juga 10 pcs liner Nathabam supaya gampang bersihin clodi kalau baby F pup.

Dengan 9 pcs clodi ini, ternyata bisa lho full clodi. Yaaa walaupun agak kejar tayang ya clodinya. Kadang2 baby F full clodi, kadang malam pakai pospak juga, tergantung mood emaknya ini, lagi pengen yang mana. Setelah coba clodi selama kurang lebih 3 bulan ini, bener2 mengurangi pengeluaran pospak ya. Tapi teteup ya, kalo ada diskon pospak, emaknya ini masih sering beli, hehehe.. Maklum, sejak jadi emak2, naluri belanja pas ada diskon semakin meningkat!

Tentang cuci mencuci clodi, gw sih ngga terlalu harus yang saklek pake tangan, gw selalu pake mesin cuci. Huahahaha.. ya iyalah, kalo pake tangan, gempor aja gw, secara gw kan ngerawat baby F sendiri ngga pake ART atau baby sitter. Tapi nyuci nya sih gw pake Ecowash, atau detergent baby (yang gw pake Cussons), tapi kadang campur attack cair juga soalnya Cussons ini wanginya ngga terlalu kuat. Gw aja kadang risih koq baju baby F masi bau susu.

Berikut capture clodi2 baby F.


Setelah memakaikan baby F clodi2 ini, nyesel ngga? Ngga ternyata. Dulu gw pikir, gw bakal kecapean cuci clodi, bersihin pupnya, dan segala keribetan clodi. Tapi setelah dijalani ngga sama sekali kerasa berat. Malah gw seneng banget baby F bebas ruam. Dan sekarang.. ketagihaaann pakai clodi :P

Happy Cloth Diapering!

Notes: Buat buibu yang baru mau lahiran atau lagi persiapan perlengkapan babynya, boleh dong mampir ke lapak perlengkapan mom n baby gw, hehehe.. dijamin harga murah, silakan dibandingin dengan toko sebelah. Bisa transaksi melalui tokped nya atau langsung contact gw:
https://www.tokopedia.com/starlightshopcs

1 komentar:

  1. Bener banget bun, pake clodi tuh memang enak.
    Tapi aku gak pernah nyuci clodi pake mesin cuci, justru aku selalu pake tangan. Mesin cuci buat ngeringin doang.

    BalasHapus