Juni 11, 2015

Cara Membuat Tepung Beras

Buat Ibu2 yang babynya udah mau MPASI, pasti udah mulai nyari2 dong menu buat MPASI, cara bikinnya, dan sebagainya. Nah kali ini gw akan berbagi cara bagaimana membuat tepung beras sendiri. Di buku panduan kehamilan yang gw dapet dari dokter, tertulis sih makanan MPASI pertama adalah bubur susu. Bubur nya terdiri dari tepung beras yang dimasak dan dicampur susu. 

Kalau mau cara mudah, kita tinggal beli aja tepung gasol. Untuk awal2 MPASI, tepung gasol yang sekotak kecil itu lama koq habisnya, sekitar semingguan lah. Walaupun di kotak tepung gasol tertulis kalo dia ngga pake pengawet, yaaah namanya juga gw mak2 parno, jadilah gw juga bikin tepung beras sendiri. Gampang ngga? Ternyata gampang banget, dan ngga sesulit yang gw pikirkan.

Bahan:
- Beras

Alat:
- Wajan
- Chopper
- Saringan
- Wadah kedap udara

Cara membuat:
- Rendam beras dalam air dan simpan di dalam wadah selama 10 jam. Ini gw udah coba praktekin 10 jam dan 24 jam. Menurut gw yang paling bagus ya 10 jam perendaman. Kalau 24 jam, koq beras nya jadi asem. 
- Setelah direndam, tiriskan dan sangrai di wajan. Sangrai adalah memasak tanpa minyak ya. Jadi beras dikeringin di wajan dengan api. Atau kalo cara orang dulu si di jemur di bawah matahari, kan kering juga.
- Selesai di sangrai, beras diangin-anginkan dulu, agar saat masuk chopper ngga keringetan di dalemnya.
- Masukan beras ke dalam chopper, setelah itu disaring dan disimpan pada wadah kedap udara.
- Untuk beras yang tidak halus, bisa dipisahkan di wadah berbeda.

Tepung beras udah jadi. Gampang kan..

Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. kalau aku beli tepung gasol yg beras merah pecah kulit aja, biar gak ribet hehehe :D

    BalasHapus