Juli 07, 2015

Film Bertema "Time Travel"

Gara2 diulangnya film Back to The Future series di HBO, akhirnya bikin gw penasaran buat nonton film2 bertema time travel. Gw sebenernya termasuk penggemar film genre science fiction, apalagi tentang time travel. Gw jadi teringat film korea yang ada unsur time travelnya, yaitu: Go Go Sister. Akhirnya gw nonton ulang film Go Go Sister. Daaaan.. setelah nonton itu gw jadi makin nyari2 film bertema time travel. Nagihh bok..

Berikut beberapa film dengan tema time travel yang udah ditonton:

- Go Go Sister : Ini merupakan film korea yang bagus maknanya, walaupun time travelnya sederhana banget, hanya melalui komputer. Ceritanya tentang seorang perempuan yang teringat dengan cinta pertamanya yang pernah mencampakannya. Di usianya yang sudah dewasa ia bertemu dengan laki2 yang dulu mencintainya semasa sma, tetapi tidak ia hiraukan sedikitpun. Akhirnya dengan bantuan mesin waktu dari laptopnya, iapun kembali ke masa2 yang ingin ia perbaiki. Tapi masa lalu tetaplah masa lalu. Sekuat apapun dia berusaha, tetap akhirnya tidak bisa merubah masa lalunya.

Film ini wajib ditonton bagi yang suka film2 korea ala drama dan ada sedikit sentuhan magicnya. Dari film ini, makna yang bisa diambil menurut gw bener2 dapet ya, kaya lagunya KD yang liriknya "cintai dia yang mencintaimu..." ahayyy.. O iya, ini film time travel yang alurnya ngga ngebingungin. Cocoklah ditonton buat yang males dengan alur yang loncat2 ala time travel.

- Cyborg She : Kali ini adalah film Jepang versi romance science fiction. Ceritanya tentang robot yang diciptakan oleh seorang laki2 dan akhirnya mempunyai perasaan. Alurnya ngga membingungkan. Cuma di akhir cerita kita baru tau sesuatu yang bikin kita bilang "ooo.. begitu ternyata"

- Predestination : Naaah ini nih buat yang suka nonton film time travel dengan alur yang maju mundur dan sedikit bikin bingung. Bercerita tentang seorang agent yang ditugaskan untuk membunuh seseorang yang membuat kekacauan, yang ternyata orang itu adalah dirinya sendiri. Konsep waktunya agak membingungkan. Jadi dia menyukai dirinya sendiri dimasa lalu, kemudian dirinya di masa lalu itu hamil, anaknya diambil oleh dirinya di masa depan, lalu diletakan di panti asuhan yang ternyata anak itu adalah dirinya sendiri. Aduuuh pusying ngga tuhhh.. -.-
Buat yang suka mikir, film ini wajib ditonton.

- Project Almanac : Bercerita tentang sekelompok anak kuliah yang menemukan blueprint pembuatan mesin waktu milik ayah salah satu dari mereka. Akhirnya mesin waktu berhasil mereka buat. Mesin waktu mereka gunakan untuk bermain2 dan membuat masa depan menjadi lebih baik. Sampai akhirnya salah satu dari mereka membuat kesalahan dan membuat kehidupan yang lebih kacau.

Filmnya ringan, alur yang ngga ngebingungin. Cocok ditonton buat yang ngga mau mikir berat2.

- Butterfly effect : Pertama kali nonton ini film, jujur gw agak bingung di awal, tapi saat di pertengahan film sudah mulai paham. Film ini bercerita tentang seorang anak yang memiliki kemampuan bisa kembali ke masa lalu tetapi memiliki gangguan pada ingatannya. Dengan gangguan pada ingatannya, sang psikolog mengatakan bahwa ia harus menulis diary mengenai apa yang ia alami setiap hari. Jika ia membaca cerita pada buku diary nya, ia akan teringat kembali peristiwa itu dan kembali ke masa lalu.  Tetapi merubah masa lalu ternyata tidak mudah. Setiap hal yang ia rubah memiliki efek terhadap lingkungannya. Sampai pada akhirnya ada peramal mengatakan bahwa ia tidak memiliki garis kehidupan.

Satu kata dari gw, kereeennn.. Ini film keren banget, walaupun agak membingungkan. Tapi di akhir film kita akan memahami keseluruhan film itu. Pas banget buat yang suka mikir.

- Hot Tub Time Machine : Film yang kocak abis nih. Komedinya dapet banget. Ceritanya tentang sekelompok pemuda yang berlibur dan menggunakan hot tub. Tanpa sengaja mereka menumpahkan soda dan hot tub tersebut berubah menjadi mesin waktu, yang membawa mereka ke masa lalu.

Film ini sudah ada 2 seri. Sebelum nonton seri ke 2 nya, ada baiknya nonton yang pertama dulu supaya agak2 ngerti. Cocok buat yang suka film komedi. Alur ngga ribet.. yaaa namanya juga komedi. Just for fun!

- About Time : Film drama yang menceritakan seorang laki2 yang berjuang untuk menemukan cintanya. Untuk menjelajahi masa lalu, dia hanya cukup berada di sebuah ruangan gelap, menggenggam tangannya sambil membayangkan berada di situasi tersebut. Anehnya, setiap ia mengubah masa lalu, setelahnya ia kembali, ia berada pada situasi yang baru. Di film ini, masa lalu bisa dirubah untuk menjadikan masa depan yang lebih baik, walaupun terkadang malah membuat takdir yang berbeda dan menyedihkan.

Bagi yang suka film drama, film ini cocok ditonton. Ngga bikin pusing dan ribet alurnya, karena setiap dia kembali ke masa lalu, kita udah tau dia mau balik ke masa yang mana.

- Back to The Future : Siapa sih yang ngga tau film ini? Legendaris banget pastinya. Menurut gw paling mantep film mengenai travel time ya ini. Sayangnya, serinya cuma sampe 3. Ngga usah gw jelasin lagi lah ya tentang Marty dan Dr. Emmett Brown berambut putih.

- Looper : Bercerita tentang seorang looper (orang yang membunuh penjahat yang dikirim dari masa depan dan mendapat imbalan perak). Menjadi seorang looper ternyata memiliki konsekuensi, yaitu di masa depan (sekitar 30 tahun kemudian) saat mesin waktu sudah diciptakan dan tidak boleh digunakan, maka sang looper tersebut akan diburu untuk dikirimkan ke masa lalu dan dibunuh. Ceritanya sebenernya simpel banget, karena ada 1 looper yang pergi ke masa lalu karena tidak ingin dirinya terbunuh.

Alur ceritanya ngga bikin pusing. Tapi gw agak sebel nih sama cerita yang ga happy ending kaya begini -.-

- Time Traveler's Wife : Kalo gw liat dari judulnya, gw pikir bakal menceritakan kehidupan si istri (sesuai dengan judul), tapi ternyata koq lebih banyak menceritakan soal suaminya ya. Ceritanya ada seorang laki2 yang memiliki kemampuan untuk pergi ke masa lalu ataupun masa depan tetapi dia tidak bisa mengontrol mau kemana dan kapan. Setelah berkonsultasi dengan dokter, ini dikarenakan gen yang terdapat pada tubuhnya. Setiap dia berpindah tempat, selalu dalam keadaan tidak pakai baju, sehingga dia harus mencuri baju di toko.

Ceritanya sangat2 drama. Bagi yang suka film drama, film ini cocok ditonton. Alurnya sebenernya agak membingungkan. Baru sekitar di pertengahan film mulai ngerti nih gw.

- 13 going on 30 : Film ini udah termasuk sering ditayangin di tv. Bercerita tentang seorang anak perempuan yang tidak menyukai kehidupannya. Ia sedih dan masuk ke gudang kecil dirumahnya. Tiba2 jatuh rumah boneka dari rak atas, dan bubuk2 glitter yang ada di rumah boneka itu tumpah saat dia mengucapkan keinginannya.

Film yang time travelnya biasa aja, karena ngga ada alur yang bolak balik. Makna dari ceritanya bagus, ada bumbu2 romancenya juga.

- Click : Bercerita tentang seorang laki2 yang mendapat remote tv sebagai alat untuk mempercepat kehidupannya. Setiap kali dia tidak suka dengan kehidupannya, maka dia mempercepatnya.

Banyak makna yang bisa diambil dari film ini. Filmnya cocok untuk ditonton bareng keluarga.

- The Time Machine : Film yang bercerita tentang seorang laki2 yang membuat mesin waktu dikarenakan ingin memperbaiki masa lalu. Masa lalu yang ingin ia perbaiki adalah ketika kekasihnya ditembak oleh perampok di taman. Tetapi setiap kali ia kembali ke masa lalu, tetap saja kekasihnya meninggal dengan cara yang berbeda. Akhirnya, ia mengunjungi masa depan dan melihat keadaan bumi di masa depan.

Menurut gw, ini film awalnya bagus, tapi makin ke depan makin aneh. Soalnya digambarkan bumi yang makin hancur dan manusia terbagi menjadi 2, yaitu manusia atas dan manusia bawah. Nah manusia bawah itu fisiknya bukan kaya manusia lagi, tapi kaya monster.

- Tomorrowland : Bercerita tentang seorang anak perempuan yang menemukan pin yang bisa membawanya ke masa depan. Setiap ia menekan pin tersebut, ia bisa melihat masa depan. Ceritanya agak boring sih ini. Pesan yang bisa diambil dari film ini, manusia harus bersikap lebih baik terhadap lingkukan, karena di film ini, robot yang bisa melihat masa depan bumi yang hancur tidak mau memberitau manusia untuk pindah, karena sifat manusia yang merusak lingkungan. Dikhawatirkan, di tempat yang baru, manusia malah merusak lingkukan yang ada.

- Interstellar : Ini time travelnya menurut gw kurang kerasa ya, jadi kaya dunia dimensi gitu. Bercerita tentang seorang ayah yang meninggalkan anaknya untuk mencari planet baru, karena bumi akan kiamat. Yang bagus endingnya nih. Cocok buat ditonton sama keluarga.

- Donnie Darko : Awalnya gw agak2 males nonton ini film. Soalnya dari cover depannya gambar kelinci ga jelas gitu. Tapi akhirnya gw tonton juga dan berakhir dengan kebingungan. Diceritakan seorang anak muda, Donnie Darko yang memiliki kelainan psikologis. Dia memiliki teman khayalan yaitu si kelinci yang bentuknya aneh bin serem. Tapi kelinci itu yang menyelamatkan nyawanya.

Buat yang suka mikir, cocoklah nonton ini film. Alur bolak balik, dan agak bikin pusing. Sampe akhirnya gw memutuskan untuk membaca review tentang film ini, dan gw baru bisa bilang "ooo gitu ternyata.."

- Frequency : Bercerita tentang seorang pemuda yang berusaha menyelamatkan ayahnya dari kematian di masa lalu. Filnya ringan, cocok ditonton bareng keluarga, karena menggambarkan hubungan ayah dan anak yang erat.


Sebenernya masih banyak lagi film2 bertema time travel yang gw belum tonton. Satu yang gw suka dari film2 tentang time travel, kita selalu bisa mengambil makna dalam setiap peristiwa. Cailaaah :P

Dalam masa liburan ini, kalo lagi ngga kemana-mana, boleh juga nih mengisi waktu luang dengan menonton film2 bertema time travel. Soalnya nagiiih, habis nonton yang satu, pengen nonton lainnya, karena konsep time travel itu sangat beragam.





3 komentar:

  1. Film-film tentang Time travel memang sangat luar biasa yaa (y). Saya sudah nonton mgkin hmpir semuanya dari daftar :D

    Namun, film yang membuat saya jatuh cinta film time travel tentunya "Back to the Future" :D :D

    BalasHapus
  2. Tau ga movie ttg time travel yg dlu pernah nongol d rcti yg anak kecil kembali kemasa lalu jman2 Yunani gtu ... dia bantuin penemu buat bkin sepeda .. tau fa judulnya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmm,kayanya saya belom pernahn nonton yg itu, hehe

      Hapus