September 15, 2015

Jalan Jalan Bali plus Kuliner

Setelah lama ga ngeblog, kali ini gw akan berbagi cerita tentang jalan2 ke Bali bulan September 2015 ini. Jalan2 kali ini sebenernya karna ada nikahan temen misua, tapi juga kepengen sekalian explore Bali aja, jadi gw memutuskan stay di Bali selama 6 hari. Cukup lama juga ya. Ditambah lagi kali ini gw udah bawa2 baby F yang baru berusia 10 bulan. Huahahaha... Kebayang lah ya rempongnya bawa bayi dengan segala perlengkapannya.

Untuk penginapan, gw menginap di Hotel Alron di area Kuta. Sebenernya pilih hotel di Kuta biar gampang kemana2 aja. Hotelnya cukup bersih, cakep lah design kamarnya. Sayang ngga ada kolam renang dan makanan buffet kaya hotel yang dulu gw tempati bareng misua.

Naah kemana aja nih selama di Bali? Sebenernya gw udah browsing2 tempat wisata di Bali, makanannya, dsb. Jadi ngga perlu bingung kemana, dan malah nemu makanan enak yang belom banyak direkomendasikan sama orang lain. Gw mulai dari tempat wisata dulu ya.

- Pura Ulun Danu Beratan : tempat ini gw datengin di hari kedua karena mikir lokasinya yang paling jauh. Emang si bener jauuuuh dan jalannya ngga kira2. Menanjak dan berkelok2. Selama di Bali ini gw ngga pake supir dan otomatis misua yang nyetir. Dengan panduan dari google map, akhirnya gw sampai di tempat yang dituju. Dan ternyata ga mengecewakan. Bagussss banget. Pura yang berada di tepi danau dengan background gunung yang berkabut membuat tempat ini menjadi tempat yang menurut gw paling bagus. Harga tiket masuk 10 ribu per orang, bayi masih gratis. Parkir lupa berapa, kayanya 5 ribu. Di dalem area pura ada restoran juga, cuma karna belom laper, gw ngga makan disitu. O ya tempat ini dingiiiin buanget! Jadi ya kalo mau kesana mending bawa jaket deh. Biarpun gw nyampe sana siang jam 2 an, tapi udaranya dingiiin banget. Tempat ini juga ada di uang 50 ribu. Tapi kayanya foto disini dengan pegang uang 50 ribu udah terlalu mainstream ya. Hahaha...

Baby F difoto malah gerak2, jadi aneh fotonya -.-

Tiket.

Setelah puas foto2 dan menikmati keindahan danau, gw mampir ke salah satu resto di sebrang yang katanya bisa makan sambil melihat danau namanya de danau restaurant. Bener si bisa, karna kita makannya di lantai 2 yang pemandangannya langsung ke pura tadi. Disana gw pesen fu yung hai dan jus strawberry. Lumayan lah rasanya.

Pemandangan dari restonya.

- Pura Tanah Lot : setelah dari Pura Ulun Danu Beratan, gw sebenernya mau ke teman joger, tapi liat jam kayanya ga ngejar sunset di tanah lot. Akhirnya skip ke joger. Sampai di tanah lot sekitar jam 5 sore. Agak ngeri juga gw, misua agak ngebut bawa mobilnya supaya nyampe di tanah lot pas sunset. Syukurlah akhirnya sampai dengan selamat :p

Biaya per orang 10 ribu plus parkir 5 ribu. Bayi masih gratis. Disana gw masuk lewat pintu 3 yang ternyata beda dengan yang dulu gw dan misua datengin. Ya iyalah, dulu kan gw nyebrang dari Pan Pacific, jadinya masuknya gratisss tapi penuh perjuangan. Ternyata tanah lot itu luas. Banyak pura nya. Dan untuk foto, bagus dari tebing tinggi. Sampe ke pura nya yang dibawah, gw main2 air dan cari kerang. Ga tau kenapa, kalo ke pantai kerjaan gw cari kerang yang bagus, trus dibawa pulang, hahaha.. Gw si ambil kerang 3 pcs aja, artinya 1 misua, 1 gw dan 1 lagi baby F. Di tanah lot ini kerang mudah ditemukan, bagus2 pula.

Tiket.

Gw n baby F.

Sunset di Tanah Lot.

Setelah capek main2, gw mampir ke Agung Bali ( tempat jual souvenir ). Sebenernya si di Kuta juga ada ya, cuma niatan gw itu pengen beli kaos yang seragam buat misua, gw dan baby F. Untungnya dapet di sini. Kalo di Kuta mungkin banyak orang yang beli, takutnya gak dapet yang sama motifnya, jadi gw beli disini ajalah, sekalian beli kacang rahayu.
- Pantai Dreamland : ini pantai kata temen misua bagus, soalnya pasirnya masih putih bersih. Akhirnya gw dan misua memutuskan ke pantai ini setelah nyasar2 ke pantai nusa dua yang ga ketemu di google map. Ke pantai dreamland ini juga pake nyasar. Duuuuh mana udah siang menjelang sore, nyasar pula. Ngikutin jalan di google map ga selamanya bener juga. Dan setelah penuh perjuangan, ketemu juga ini pantai. Dan ternyata baguusss. O ya hampir lupa, di pantai ini si gw liat ada tulisan ga boleh parkir, maka misua parkir di Kuta Green Park bayar 15 ribu, lalu ada mobil yang angkut kita ke pantai dreamland, lalu nanti dijemput juga. Agak aneh sih, masa dipantainya ga boleh parkir, sedangkan disana banyak mobil apv yang nawarin jasa antar jemput.

Gw dan baby F main air.

- Pura Uluwatu : sebenernya kesini karena penasaran. Kan banyak wedding2 yang view nya ngambil dari arah pura di atas tebing ini. Dan ternyataaa... Biasa aja! Beneran biasa aja karena tempat ini hanya menampilkan view nya aja. Ga bisa main2 air. Lalu ketika masuk kita harus bayar parkir 2000. Orang yang jaga ga ngomong, main kasih tiket aja. Kan misua ga ngerti jadi langsung jalan aja. Lalu mobil diketok sama dia cukup kencang, dan bilang "pak bayar parkir dulu dong, karcis dibaca!" Yaelah ga ada ramah2 nya banget itu orang. Udah gtu sampe dalem tiket masuk domestik adalah 15 ribu per orang dan gw dikenakan 20 ribu. Mau protes tapi malas banget. Orang2 penjaganya sangat tidak bersahabat. Gw sangat tidak merekomendasikan tempat ini. Cukup sekali ajalah kesini. Viewnya juga biasa aja, ga istimewa yang gimana banget. Yang ada disana gw kepengan cepet2 keluar aja. Sangat menyebalkan berkunjung kesana.

Tiket yang menyebalkan. Jelas2 tertulis 15 ribu, tapi dimintain 20 ribu!

- Pantai Blue Point : pantai yang biasa juga disebut Suluban ini masih bagus. Ombaknya tenang. Cocok buat keluarga. Tapi ke pantainya butuh usaha lebih. Soalnya kita bakal ngelewatin bar dengan tangga yang cukup terjal menurun ke bawah. Tangganya masih tangga batu ya. Setelah itu sampai di tempat yang ada goa2 nya. Baru deh ketemu pantainya. Pasirnya putih bersih dan masih ada ikan yang berenang. Pantainya juga ada kubangan2 gtu, jadi kaya kolam berenang. Disini, setelah turun ke pantai, gw menikmati sunset dengan misua dan baby F di salah satu bar yang menghadap pantai. Bagusss banget. Pengen balik lagi ke sanaaaa..

Jalan ke Blue Point.

Pantai Blue Point.

Ikan di pantai Blue Point.

Jernihnyaa pantai Blue Point.

- Pantai Kuta : Kalo ke Bali belum ke pantai Kuta rasanya belom ke Bali ya, hahaha.. Ini foto sunset di Kuta, candid oleh misua.

Naaah sekarang sesi wiskul alias wisata kulinernya. Berbekal makanan2 recommended mbah google dan coba2 makanan lain, ini dia reviewnya.

- Babi Guling Pak Malen : ini direkomendasiin sama temen misua yang tinggal di bali. Awalnya gw ragu, tapi setelah nyobain, ini warung bagul yang paling enak menurut gw. Harga per porsi 40 ribu. Lokasi di belokan lampu merah yang arah seminyak.

- Babi Guling Dayu : ini kaya versi tendaannya gtu. Jadi bukanya malem doang. Rasa biasa aja dan terlalu berbumbu. Harga 30 ribu per porsi. Lokasi di Kuta sebrang gedung BCA yang udah ga kepake.

- Warung Satria : makan nasi campur disini karena ditraktir temennya misua. Menunya nasi ayam, ada juga sate babi dan sate lilitnya. Rasanya biasa aja menurut gw. Harga ga tau soalnya ditraktir. Lokasi di jalan blambangan.

- Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku : nyobain ini karena baca di google banyak yang rekomendasiin. Gw nyoba yang di seminyak. Harga per porsi 30 ribu, eh pas dikasir gw ditagih 35 ribu. Laaah. Mbaknya cuma bilang, "oh pesen yang 30 ribu ya, saya kira yang 35 ribu". Hiiiy harganya suka gelap juga ini. Untung sebelom makan gw selalu nanya dulu harganya. Rasa lumayan enak lah. Dapet sate lilit 1 biji yang ternyata gw gak suka. Berbumbu banget soalnya. Ada rasa jahe2 yang gw gak demen. Isinya seporsi terdiri dari sayur urap, ayam, kacang, sate lilit, dan kuah. Tapi gw ga pake urapnya soalnya ga demen. Makan disini senengnya ada tempat parkirnya jadi ga repot kaya makan di resto2 lain di seminyak.

- Warung Italy : gw baca2 banyak yang rekomen karena murah. Nyampe sana jam 11 eeeh ternyata belom buka. Bukanya jam 12 siang. Ternyata yang murahnya bagian prasmanan. Jadi ada lasagna, bola2 daging, bola2 nasi, dll kecuali pizza dan spaghetti. Harganya 25 ribuan rata2. Menurut gw si lumayan enak lah rasanya. Makan berdua habis 100 ribuan (tapi makan yang prasmanannya aja).

Makanan lupa difoto. Liat struknya gw ngga ngerti yang gw makan itu apaan aja ya? hehehe.. Yang jelas pesenannya dalam bahasa ala gw adalah lasagna beef, ayam brokoli plus cheese, bola2 nasi, bola2 daging, soup jamur.

- Eatwell : lokasinya juga diseminyak. Nyobain ini karena lagi makan rame2 bareng temen misua. Kalo yang mau makan porsi gede, pesen pork knuckle nya, dijamin kenyang. Makan bertujuh habis sekitar 500 ribuan, tapi ngga kenyang2 amat. O ya, gw kan bayarnya pake debit BCA, eeeh trus kata kasinya signal sedang error maka akhirnya misua bayar cash. Pas cek di klik bca ternyata udah kedebit. Sebel deh. Langsung telp bca nya, akhirnya transaksi yang sudah kedebit dikembalikan lagi. Duuuh lain kali kalo makan disini, gw pake cash ajalah.

- Hog Wild : sebenernya si pengen nyobain Nuri's. Tapi berhubung lokasinya di Ubud jadi nyobain yang di kuta ajalah. Kata kasirnya sejak Mei 2015 ini Hog Wild udah branding sendiri, tapi makanannya sama dengan Nuri's. Yah semoga sama ya makanannya. Disini gw nyobain pork ribs yang full rack. Eeeh taunya yang dimaksud full rack itu ribsnya setengah baby back ribs dan setengahnya lagi spare ribs. Rasa? Biasa aja! Menurut gw lebih enak Poka Ribs kemana2 ya. Harga si Hog Wild ini lebih murah sedikit. Yang enak kentang gorengnya aja. O ya disini gw juga pesen gelato yang katanya dari Gusto Gelato. Yaaah dipikir2 daripada ke Gustonya susah parkir, mending beli disini ajalah. Total makan disini 197 ribu untuk pork ribs, kentang, dan gelato.

Gelato yang katanya dari Gusto.

Narsis bareng si babi.

- Depot Gimbo : ini jualannya adalah se'i babi khas NTT. Harga per porsi 40 ribuan. Gw pesen hot plate babi dan babi asapnya. Rasa yaaa lumayan oke lah. Porsinya juga banyak. Makan berdua habis 99 ribu dan itupun ngga habis, jadi minta mbaknya bungkusin. Gw nyobain yang di deket jalan tolnya Bali.

- Depot Kuta : letaknya di sebelah hotel Alron. Harga murmer, mulai dari 15 ribu untuk babinya. Tapi ya porsinya sedikit. Kayanya banyak guide yang kerjasama dengan depot ini, jadi banyak turis makan disini. Rasa? Yaaa lumayanlah. Ga jelek2 amat.

- Nasi Ayam Ibu Oki : nyobain ini di nikahan temennya misua yang stallnya ada makanan ini. Rasa ternyata biasa aja ya. Lebih enak Ibu Mangku. Pedes? Sudah pasti!

- Top Kedai : ini dia tempat makan yang sampe gw mampirin 2 kali. Tempatnya di pinggir jalan, lokasi deket kantor Tourist Police yang sederet sama Pasar Kuta 1. Iga bakar sapinya sedaaaap. Harga 35 ribu saja! Mantap lah! Makannya pake nasi jinggo (harga goceng) yang jualannya di sebelah kedai ini. Kalo ke Bali lagi, gw mau makan disini lagi. Dagingnya empuuuk banget, bumbu kecapnya meresaaappp!

- Nasi Pedas Bu Andhika : gw nyobain yang di Kuta sebrang Joger. Satu kata yang bisa gw bilang: "Huh!" Makan disini bener2 biasa aja dan harganya cukup tinggi. Masa gw pesen nasi, sambel, ayam 1 biji, kentang, abon, harganya 30 ribu. Aduuuuh goceng lagi dah dapet iga sapi nih. Sangat gak recommnded. Yang jaga gak ramah pula. Sebel ah jadinya makan disitu. Gak mau balik lagi gw! Foto makanannya pun males banget!

- Bubur Lao Ta : ini juga nyobain di nikahan temen. Rasa lumayanlah, buburnya mirip bubur Ta Wan.

O ya, di Bali ini banyak banget ya warung bagul alias babi guling. Nah, di tempat nikahan temen misua ini juga ada bagulnya, dan ternyata guedeeee banget...

Ini dia si bagul:

Foto2 dulu di tempat nikahan temen misua yang ala pantai.

Ke Bali kalo ga makan seafood rasanya gak komplit ya, secara banyak pantai. Karena ngga jadi makan di Menega, akhirnya makan fish n co ajalah di mall seberang Kuta. O ya, parkir di mallnya 4000 per 2 jam, yaaa masi lebih murah lah dari pada Jakarta yang 5000 per jam.

O ya, di pinggir jalan Kuta ada yang jual ice cream sandwich. Katanya si home made, tapi rasanya biasa aja. Harga 27 ribu. Gw nyobain yang rasa durian.

Sekarang sesi belanja oleh2 niiih...

- Pia Legong : sebenernya gw agak males ke sini, walopun jaraknya ga terlalu jauh dengan hotel yang gw tempati. Soalnya banyak yang bilang belinya ngantri. Iiih males banget ya. Gw juga udah pernah nyobain pia ini oleh2 dari temen kantor. Rasa biasa ajalah, ga yang hebat2 gimana banget. Tapi akhirnya gw mampir juga karena temen misua nitip ini. Sampe disana ga ngantri lama koq, cuma 2 orang di depan gw. Seorang cuma boleh beli 2 box. Hiiiy sombong amat ini pia. Udah gtu rasa yang ada cuma yang campur (coklat keju). Yaaaah.. Akhirnya tetep dibeli deh. Padahal yang kejunya gw kurang suka karena rasa kejunya kurang kerasa, soalnya dah dicampur gitu. Harga per box 90 ribu. Gw ga tau kenapa ya ini pia sampe segini amat dibeli orang. Padahal biasa aja si menurut gw. Kemasannya berkesan eksklusif. Total belanja 180 ribu.

- Agung Bali : gw mampir di Agung Bali yang di Tanah Lot. Gw senengnya kalo beli barang yang udah ada harganya gini. Ga perlu repot nawar. Harga menurut gw juga ga mahal2 amatlah. Masih masuk akal. Disini gw beli kaos yang samaan buat misua, gw, dan baby F lalu beli kacang Rahayu. Total belanja 300 ribuan.

- Serimpi Bali : naaah kalo ini tempat oleh2 versi agak lebih murmer. Gw beli buat orang2 di toko misua dan  di pabrik supplier. Beli baju2, kacang, pie susu, dan kopi. Belanja disini juga udah ada harganya, jadi ga perlu tawar menawar. Total belanja 200 ribuan.

O ya, sebenernya si gw juga pengen ke Krisna, tapi ngga sempet, ke Joger juga parkirannya penuh melulu. Mana Joger cuma buka sampe jam 8 malem. Laaah..

Pengalaman gw ke bali ini cukup menyenangkan. Pulang2 kaki pegalll dan badan capek ( ini sih kayanya gara2 ke pantai blue point yang kudu naik turun tangga). Di Bali kali ini gw stay 6 hari dengan sambil bawa baby F yang usianya 10 bulan. Kebayang dong ya repotnya. Bagasi udah full banget ditambah tentengan oleh2. O ya belom lagi gw juga bawa magic jar buat bikin air panas. Hahaha.. Bener2 super rempong ya. Soalnya kalo air panas minta di hotel mulu agak repot. Lebih enak bawa magic jar, bisa bikin kapan aja.

Oke deh, sekian pengalaman di Bali ala gw di tahun 2015 ini. Yang jelas, bepergian bareng bayi itu menyenangkan, merepotkan juga iya :p