Juli 21, 2018

Jalan Jalan Bandung - Cibadak

Haii semua.. adakah yang sudah pernah ke jalan Cibadak? Atau tinggal disana? Naaah kali ini gw akan bercerita tentang perjalanan singkat gw ke Bandung, khususnya jalan Cibadak.

Menurut sumber yang gw denger (misua), bahwa jalan Cibadak ini terkenal dengan makanan2 enak (yaaa.. mungkin seperti Semawis di Semarang). Dulu banget ya sebelum nikah, gw memang pernah diajakin camer dan camis (calon misua) ke rumah tante misua di jalan Cibadak ini, tapi udah lupa2 inget karena gak sempat explore makanan2 sekitarnya, yang gw inget disana dibeliin bakpao b2 yg isinya ada telor asinya, manteeepp dah. Nah kali ini ada kesempatan di libur lebaran kemarin, akhirnya kesini lagi dan menginap 2 malam.


Ini suasana jalan Cibadak di siang hari.

Di jalan Cibadak ini, kiri kanan semua ruko, biasanya buka dari siang sampai sore hari. Naah malam nya toko tutup, dan di depan ruko2 tersebut banyak pedagang berjualan. Rumah tante misua ini juga seperti ruko tingkat 4, lantai 1 untuk jualan, baru tempat tinggal di lantai 2-4. Tapi di depan ruko ga ada yg jualan (mungkin tdk disewakan, entahlah), sedangkan di depan ruko2 lain, itu banyak banget pedagang. Mereka biasa mulai berjualan mulai dari jam 6 malam sampai sekitar jam 11 malam. Jualannya beragam.


Di jalan Cibadak banyak ruko2 yang terlihat seperti bangunan lama.

Di hari pertama, gw mencoba makan nasi campur b2 harga 45.000, rasa oke banget, b2 nya macem2, mulai daging merah, kulit krispinya, bakso b2nya, aaahh enyaaak bok! Setelah itu, gw beserta misua dan baby F jalan lurus menyusuri jalan Cibadak, cari2 cemilan. Naah nemu lagi yang jarang dijual, yaitu samcan goreng, uniknya samcannya ini dipajang di etalasenya, macam etalase bakso gitu, woouww.. berhubung gw selalu merasa bersalah kalo makan samcan karena banyak lemaknya, jadilah beli bakso gorengnya, per pcs nya 7.000 rasa enak krispy dicampur bumbu pedasnya, woouuww.. bener2 tak terlupakan ini!

Setelah itu kita menyusuri lagi mulai ke ujung, udah kurang menarik, dan lagi pula perut udah mulai kenyang. Akhirnya putar balik dan melihat ke sebelah kiri, ada gang lagi, namanya jalan Sudirman. Dari luar tampak meriaah dengan lukisan2 di dinding. Okelah besok malam saja dikunjungi. Sambil berjalan pulang, persis di seberang ruko tante misua, ada bank Maybank, yang didepannya jualan martabak, namanya martabak Asan. Disini jual martabak biasa yang tebal dan tipis kering. Harganya aga dahsyat karena menggunakan wisman. Ok lah, akhirnya coba yang tipis kering isi pisang keju, dan ternyataaa... Enyaak gila! Secara jarang kan ya ada martabak tipker tapi isinya pisang, dan ini unik karena adonan martabak bukan kaya leker (kaya dijual martabak lain yang menurut gw rugi banget kaya makan leker 2ribuan). Yang ini adonan di tengah agak tebal sedikit, sekitar 0.5cm, tapi ke arah pinggir makin krispyyy. Mantap dah!

Hari kedua, jadwalnya hanya berkunjung ke beberapa rumah saudara. Malamnya wiskul lagi, kali ini ke jalan sudirman. Jadi setelah masuk gang, di bagian dalamnya ngantong gitu, jadi seperti food court, tertata rapih dan ramee banget! Ada jual bakmi, b2, steak, sampe toko Fipper aja ada disini, lagi promo beli 2 bonus 1 pulak! Hahaha... Disini ada meja2 gitu, tapi penuuh banget. Akhirnya gw cuma beli es kepal milo yang lagi kekinian harga 25.000, dan misua beli kue pukis yang dalamnya ada isi2nya seperti keju, coklat, dll.


Keriweuhan di dalam jalan sudirman.

Es kepal yang katanya kekinian, eeh rasanya ternyata ya begitu aja, tenggorokan sakit abis makan ini.

Keluar dari keriweuhan jalan sudirman, akhirnya misua menentukan makan nasgor aja yang posisinya sebelah martabak Asan, dan gw beli martabak lagi, yang tipker tapi isinya keju kismis (yang ternyata kurang cocok ya perpaduannya, enakan pisang kemarin). Beli martabak Asan ini juga ngantrinyaaa aduuh.. mantap dah! Rasa sih ga bohong ya, sesuai harga lah.


Ini yang isinya kismis keju, yang pisang keju lupa difoto. Bagi yang giginya masih kuat, boleh lah makan ini. Tapi buat yang udah pada goyang, mending jangan, karena ini makannya bikin pegal gigi.

Hari ketiga saatnya pulang. Kita pulang siang2 sekitar jam 11 dan gak macet jalanannya, yang macet pas arah ke Bandungnya, syukurlaah..
Ke Bandung ini kalo ga beli Kartika Sari rasanya gak komplit ya, beli di rest area ajalah, karena seinget gw duluuu banget gw beli di tokonya langsung, aduuh parkirnya susah, dan ramai sekali. Rest area yang cukup lengkap, yang kedua ya (yang pertama ada, tapi masih baru dibangun). Beli makanan di rest area sih gapapa juga ya, bisa menghemat waktu, yang penting harus perhatiin bener expired date nya.


Jalan2 singkat di Bandung ini cukup berkesan buat gw. Yaaa selain makanan yang enak2, ada yang bikin gw cukup kaget. Tante misua ini usia sudah 80 tahun, suaminya lebih tua lagi. Dan mereka sudah terbiasa tuh naik turun tangga sampai lantai 4 setiap hari. Secara ya jemuran kan di lantai 4, jadi bolak-balik naik tangga. Saluut deh.. Yang bikin penasaran, mereka makannya apa ya bisa panjang umur dan masih sehat begitu? Ternyata jarang beli tuh diluar, walaupun banyak yang jualan makanan dan jaraknya hanya selemparan kolor aja. Tante misua ini masak dirumah, so pasti lebih bersih dan terjamin ya.

Di Bandung, gw juga berkunjung ke rumah kakaknya mertua, yang umurnya juga udah 80tahun keatas gitu, woouw nampaknya orang dulu pada panjang2 ya umurnya. Gw jadi terinspirasi pengen menjalani hidup sehat supaya panjang umur :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar