Maret 04, 2015

Pengalaman Melahirkan - Operasi Caesar

Berhubung gw baru melahirkan baby F sekitar 4 bulan yang lalu, rasanya melahirkan masih fresh dalam ingatan gw. Sejak tau kalau hamil, gw udah memantapkan diri mau melahirkan secara caesar, dengan alesan takuut boo... Horor gitu ngebayangin rasanya sakit pas melahirkan, jadi operasi caesar adalah pilihan yang gw pikir ngga menyakitkan.

Seiring berjalannya waktu, melihat perkembangan baby F di perut, koq posisinya bagus terus dari awal USG sampe USG di minggu ke 39. Posisi tidak sungsang, normal lah. Padahal sekitar bulan oktober gw udah bilang sama obgyn gw maunya caesar ajalah, biar ringkes, udah tau tanggal lahir baby, perisapan juga udah pasti untuk tanggal sekian. Tapi setelah dikasi tau mama kalo lebih baik normal saja, akhirnya dengan agak berat hati akhirnya gw mantapkan diri gw untuk lahiran normal dengan harapan pemulihan akan lebih cepat dibanding operasi. Tapiii... ngga disangka-sangka pas USG terakhir udah mau minggu ke 40, tiba-tiba baby F posisi badannya muter ke depan. Seinget gw, kata dokter namanya persentasi muka. Laaaah.. Dokter langsung bilang, lebih baik caesar aja, karena resikonya gede. Trus ukuran lingkar kepala baby F juga cukup besar, nampaknya ngga muat kalau mau  melahirkan normal, ditambah berat baby F 3.6 kg dan juga kelilit tali puser 2 buah di leher, trus air ketuban juga udah mulai keruh. Aduuuh maaaak... Akhirnya dengan tampang bingung pas ditanya dokter mau caesar tanggal berapa, misua langung bilang, nanti kita rundingin dulu, lalu si dokter kasi kartu namanya, katanya tinggal telepon dia aja mau tanggal berapa. Tapi kalau mau tetep normal, HPL baby F tanggal 9 November, si dokter mau cuti, jadi kalo tanggal segitu mungkin bisa sama dokter lainnya. Laaah... Begimana ini...

Akhirnya langsung lah siang itu gw dan misua janjian ketemu ortu gw di SMS (Summarecon Mall Serpong). Nyokap masih tetep kekeuh mendingan normal aja. Soalnya sih ada orang yang bisa ngeliatin gitu, kalo gw bakal baik2 aja kalo normal. Akhirnya setelah pikir2 sampe butek, malem itu gw telepon dokternya, minta caesar hari senin, 3 November 2014. Si dokter udah ok, nanti gw diminta dateng langsung ke RS Carolus Summarecon Serpong hari minggu malem, biar operasi bisa berjalan hari senin pagi jam 7.

Hari minggu pagi, 2 November 2014, gw mulai siap2 in segala perlengkapan yang bakal dibawa nanti malem. Dokter bilang gw sebaiknya nyampe jam 7 malem biar nginep dulu di RS. Okelah ikut aja kata dokter. Maklum, karna gw emak rempong, jadi banyak bawaan yang ternyata ngga kepake pas di RS. Kaya misalnya baju baby gw bawa 3 pcs, baju gw sendiri 5 pcs, dsb. O iya gw juga bawa selimut dan bantal sendiri. Eh pas di RS dibilangin ngga boleh bawa, laah gw mah cuek ajalah, akhirnya suster2 ngga ada yang comment juga.

Sekitar jam 7 malem gw sampe di RS ke bagian pendaftaran untuk ambil surat pengantar operasi yang dititipkan dokter gw ke dokter jaga disitu. Setelah konfirmasi2 akhirnya di cek lah segala macem, mulai detak jantung baby, dsb. Sempat ada perubahan jadwal operasi, karena kayanya yang mau operasi tanggal 3 November tuh banyak, jadilah si dokter ini bolak balik telepon gw, yang katanya jadwal operasi kayanya berubah dari jam 7 ke jam 9, lalu berubah lagi jadi jam 11. Halaaah.. akhirnya gw bilang sama dokternya, ok gapapa mau jam berapa aja, kalaupun kena yang jam 11, gw masuk RS dari minggu malem ini ajalah, repot soalnya kalo besok pagi baru dateng. Jadilah malam itu juga gw masuk kamar di RS dan misua ikut nemenin di RS. O ya sebelum ke RS, kita nyempetin dulu makan Bakmi Ko Fei di Gading Serpong dan beli beberapa cemilan karena malemnya gw harus puasa.

Di RS gw ngga bisa tidur. Biasalah, gw bukan orang yang gampang tidur dimana aja. Mana kan di kamar gw ada beberapa orang lain yang baru melahirkan dan baby nya nangis terus malem2. Pusyiiing dah gw jadi ga bisa tidur. Sekitar jam 9 malem akhirnya gw dapet telepon dari dokter gw kalo gw operasi jam 9 pagi. Yowizlah ngikut aja gw.

Pagi2 tanggal 3 November 2014, ortu gw udah dateng. Setelah mandi and sarapan, suster mulai menyuntikan obat, katanya si antibiotik dan rasanya agak sakit, ternyata... sakiiit banget, bukan sakit suntikanannya, tapi obatnya. Lalu suster itu ngajak gw berdoa karena sebentar lagi gw akan dipindah ke ruangan operasi. Sebelum kasur gw dipindah, gw minta tolong misua untuk pakein kaos kaki, eeh susternya bilang jangan, katanya nanti kena darah. Laaaah... yang gw baca2, katanya ruangan operasi kan dingin banget, jadi gw pengen pake kaos kaki supaya ngga kedinginan. Akhirnya gw copot lagilah kaos kakinya.

Rasanya digeret pake kasur ke ruangan operasi tu gimanaaa gtu. Deg-deg an iya, takut iya, duuuh campur aduk deh. Akhirnya sampai lah di depan ruangan dimana disitu misua dan ortu gw ngga boleh masuk. Jadi cukup gw aja sama suster. Masuk ke dalam bukan langsung masuk ruangan operasi, tapi ruangan observasi. Disitu gw dipindah kasur. Dipasang alat yang dijepit di jari. Ruangannya dingiiiin banget. Mana nunggu dulu dokternya dateng. Di sana gw dikenalin sama suster2 dan dokter anestesinya. Mereka cukup ramah2. Tapi tetep aja yaaa.... tangan gw keringet dingin, grogi plus takuuut.

Jam 9 gw dibawa ke ruangan operasi. Disana ada lampu gede , terang juga ruangannya, dan tentunya dingin buangeeett. Disitu gw dipindah ke kasur operasi. Kasur ini ukurannya ngepas banget sama body gw, lucunya kasurnya bisa dimiring-miringin lho.. *norak.com. Sebelum memulai operasi, dokter mimpin doa dulu, lalu dokter anestesi nya menjelaskan, kalo gw harus rileks. Karena kalo ngga rileks, nanti suntikan nya ngga mau masuk. Jadinya gw berusaha mikir apa ya yang gw suka dan kepengen lakuin setelah lahiran, akhirnya gw kepikiran suatu makanan yaitu: "pancake durian". Selama hamil gw emang berusaha ngga makan yang aneh2 termasuk pancake durian ini. Ada yang bilang kalo makan durian bikin panas lah, jadi mendingan gw ngga makan dulu.

Balik lagi ke soal suntikan. Untungnya cukup sekali suntik aja dan langsung berhasil. O ya posisi selama disuntik ini membentuk huruf C dan disuntik di tulang punggung belakang. Ngga lama setelah disuntik badan rasanya kaya kesemutan dan akhirnya sama sekali ngga ngerasain apa2. Maksudnya ngga ngerasain sakit saat operasi, tapi kalau guncangan masih kerasa ya, misal saat kasur dimiringin, otomatis kan badan ikut miring juga, jadi kerasa. Setelah beberapa lama disuntik, udah ngga kerasa dingin lagi, rasanya badan jadi hangat.

Proses pengeluaran baby kayanya agak cepet ya. Gw masuk ruang operasi jam 9, jam 9.25 baby F udah lahir. Langsung deh IMD. Yang gw perhatiin pertama kali, baby F mukanya ada merah2 nya, mungkin kaget kali ya di ruangan operasi yang dingin. Pas IMD gw juga ngga konsen, nguantuuuk banget rasanya.

Akhirnya kira2 jam 11 dokter bilang selamat ya, sudah selesai operasinya. Gw dibawa lagi ke ruangan observasi, ngga tau juga itu disuru tunggu ngapain. Yang jelas badan gw saat itu rasanya guatel2 sampe ke kepala. Aduuuh ngga enak banget rasanya, mana suhu nya dingin buangettt. Rasanya badan udah campur2 gatel, dingin, ngantuk.

Setelah lama dari ruang observasi, akhirnya gw dikembalikan ke ruangan biasa. Begitu sampe sana, datanglah ortu gw mengucapkan selamat, dan ngga lama baby F dianter ke kamar pakai box. Setelah operasi ini gw ternyata harus bed rest 24 jam, setelah itu baru latihan miring, duduk, dan jalan. Bener sih, setelah 24 jam udah bisa koq, mana gw juga langsung jalan ke ruangan lain buat ikut kelas "breast care". Di kelas itu diajarin massage payudara, selain itu juga mandiin bayi, dsb.

Yang jelas ya, setelah baby F lahir, dia koq antengggg banget, nangis juga jarang. Pas dokter anak visit, dibilang gw harus menyusui setiap 2 jam sekali. Haaaa.. gile kalo gitu kapan gw tidurnya. Dan mulailah sisa hari di RS gw ngga bisa tidur. Ya iyalah, ni baby nangis mulu malem2 (awalnya sih ngga, tapi makin hari makin sering nangis), udah disusui masih nangis, halaah bingung dah. Mana yang nangis bukan dia doang, tapi ada baby2 lain yang juga baru lahir nangis terus setiap malem.

Kira2 setelah 5 harian gw di RS, pulanglah gw. Begitu nyampe depan rumah, udah ada aja orang mau nengokin. Laaah ini juga baru mau masuk rumah -.-

Begitulah sekiranya pengalaman melahirkan dengan operasi caesar versi gw. O ya, pemulihan pasca operasi ngga lama koq. Itu kan 24 jam setelah operasi gw beneran udah bisa jalan, walapun masih agak2 sakit. Untuk rasa bener2 ngga sakit sekitar sebulanan lah, setelah ganti perban dan lepas perban. Bekas luka operasi juga sedikit koq, ngga terlalu kelihatan juga soalnya letaknya kan agak kebawah. Kalo misal next gw diberi kesempatan sama Tuhan untuk hamil lagi (gaya bet dah, ngurus ni baby satu aja udah mabok), kayanya gw pilih caesar aja lagi ah. Udah tau rasa sakitnya gimana, pulihnya kapan. Yaaa tapi tetep aja ya mau normal atau operasi, sama2 sakiiit kayanya :P

Naaah... buat buibu yang baru mau lahiran atau lagi persiapan perlengkapan babynya, boleh dong mampir ke lapak perlengkapan mom n baby gw, hehehe.. dijamin harga murah, silakan dibandingin dengan toko sebelah. Bisa transaksi di tokped nya atau langsung contact gw:

https://www.tokopedia.com/starlightshopcs

O iya, ini beberapa foto saat lahiran.



13 komentar:

  1. Saya sangat tidak rekomendasi RS Carolus atau Dr Ekarini. Biayanya mahal, tempatnya jelek, dan yang kerja disana galak, kurang professional dan tak peduli pasien. Saya melahirkan di 2014, tapi saya sampai sekarang masih trauma dan tak mau punya anak lagi.

    Waktu hamil pre-natal sama Dr Ekarini. Cukup baik, tapi harus tunggu lama2. Tunggu 7 atau 8 jam untuk ketemu doktor 5 minut aja.

    Tapi waktu melahirkan, disaster total. Saya hampir mati dan bayiku hampir mati karna kalau malam tak ada doktor disana dan bidan tak bisa bantu apa aja.

    Saya di induksi. Pernah tunggu doktor 7 jam tadi dan waktu induksi sudah malam. Ruangnya gelap dan seram. Doktor sudah pulang dan tidak ada yang bantu saya. Saya 14 jam sakit minta ampun dan muntah2 terus. Bidan tidak peduli apa2. Mereka tertawa aja. Sampai pagi bidan siksa aku, bicara yang galak dan ada bidan pukul saya.

    Doktor Ekarini pernah janji saya di kasih anti-sakit waktu melahirkan, tapi tidak jadi di kasih.

    Siang saya di suruh caesar, tapi sesudah saya tanda tangan untuk casar masih tunggu lama2 dan masih sakit bangat. Bidan cuek aja dan saya di tinggalin di korridor.

    Sesudah caesar saya sakit lagi. Saya minta perawat kasih obat anti-sakit, tapi tidak ada yang bantu.

    Apa lagi, bayiku harus di rawat di Goretty karna sakit. Dia kurang oxygen karna telat caesar. Biayanya mahal dan perawat disana galak sama ibu dan bayi.

    Saya mau komplain lewat pengacara, tapi terlalu mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya Anda itu provokator bgt ya. Hampir di setiap review RS. Sint Carolus Anda selalu menulis kata2 spt ini. Jd orang koq ember bocor bgt. Dasar kompor meleduk!!!

      Hapus
    2. Saya frustrasi aja karna saya coba bikin komplain ke RS dan belum ada balasan. Saya cuma bisa jelek2in RS itu di internet. Apa lagi yang saya bisa?

      Hapus
    3. Saya pasien dr.Ekarini dan so far saya puas dengan setiap konsul yg diberikan. lagipula sudah 2 keluarga saya melahirkan di RS.Carolus dan di bantu dr.Ekarini.
      Menurut mereka Bidan2 disana baik dan ramah2, dan krn bidan2 senior mereka paham dan bisa mengayomi ibu2 hamil yg mau melahirkan.. tidak benar mereka tidak bantu dan pukul2..

      memang kalau mau melahirkan normal ya harus lama proses pembukaannya.. sodara saya dari jam 2 pagi sampai magrib esoknya..

      kalau nggak mau antri ya jangan ke dokter yg bagus atau terkenal.. hehehe.. karena dokter bagus ya banyak pasiennya..

      intinya jangan menjelek2an spt itu... kenyataannya kalau kita baca di berbagai review org2 yg melahirkan disana dan dibantu oleh dr.Ekarini tanggapannya positif semua kok..

      anda saja yg comment di semua posting-an itu yang malah membuat saya jadi curiga ada motif apa dibalik ini..

      Hapus
  2. Hai Andrew, saya ikut menyayangkan kejadian yang terjadi. Semoga Carolus kedepannya dapat semakin memperbaiki kualitas nya :)

    BalasHapus
  3. Hi.. Mau tanya, apakah untuk c-section di carolus serpong harus menunggu 5 hari baru boleh pulang? Soalnya kalo liat dipaketan nya kayanya 3 hari harusnya sudah boleh pulang yah? Trus itu seru bgt bisa foto baby nya setelah operasi? :) siapa yg fotoin? Apakah suami boleh masuk? Terima kasih yaaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, maaf baru lihat commentnya :)

      Ngga harus tunggu 5 hari koq. Ada yang 3 hari udah boleh pulang, tapi dia beda dokter. Mungkin masing2 dokter beda2. Itu yang fotoin suster2 di ruang operasinya. Boleh titip hp ke mereka, lalu mereka fotoin. Di ruang operasi ngga boleh ada yang masuk kecuali dokter dan suster. Di carolus juga ya? Pakai dokter siapa?

      Hapus
  4. Hi Nicola,

    Salam kenal ya... Saya Nikki, baru rencana untuk punya anak kedua. Setelah browsing2 naksir sama st carolus serpong (baru 1 tahun kami pindah tinggal di bintaro sektor 9).
    Dr sekarang sy research karena kehamilan pertama cukup bermasalah (pre eclampsia, sectio darurat/cito, baby diinkubator di NICu sebulan penuh, sempat pakai alat bantu napas/cpap).

    Apakah ada rekomendasi dokter di st carolus or rekomendasi RS diseputaran tangerang selatan?

    Bagaimana pengalaman Nicola di RS Carolus, apakah alat2 medis cukup canggih dan lengkap?

    Aku lg baca2 seputar rs di tangsel (bintaro, alsut, bsd, gading serpong) sih. Let me know kalau ada infonyaaa... Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  5. Hi Nicola,

    Salam kenal ya... Saya Nikki, baru rencana untuk punya anak kedua. Setelah browsing2 naksir sama st carolus serpong (baru 1 tahun kami pindah tinggal di bintaro sektor 9).
    Dr sekarang sy research karena kehamilan pertama cukup bermasalah (pre eclampsia, sectio darurat/cito, baby diinkubator di NICu sebulan penuh, sempat pakai alat bantu napas/cpap).

    Apakah ada rekomendasi dokter di st carolus or rekomendasi RS diseputaran tangerang selatan?

    Bagaimana pengalaman Nicola di RS Carolus, apakah alat2 medis cukup canggih dan lengkap?

    Aku lg baca2 seputar rs di tangsel (bintaro, alsut, bsd, gading serpong) sih. Let me know kalau ada infonyaaa... Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  6. Hi Nicola,

    Salam kenal ya... Saya Nikki, baru rencana untuk punya anak kedua. Setelah browsing2 naksir sama st carolus serpong (baru 1 tahun kami pindah tinggal di bintaro sektor 9).
    Dr sekarang sy research karena kehamilan pertama cukup bermasalah (pre eclampsia, sectio darurat/cito, baby diinkubator di NICu sebulan penuh, sempat pakai alat bantu napas/cpap).

    Apakah ada rekomendasi dokter di st carolus or rekomendasi RS diseputaran tangerang selatan?

    Bagaimana pengalaman Nicola di RS Carolus, apakah alat2 medis cukup canggih dan lengkap?

    Aku lg baca2 seputar rs di tangsel (bintaro, alsut, bsd, gading serpong) sih. Let me know kalau ada infonyaaa... Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Nikki,

      Salam kenal juga :)
      Pengalaman saya di carolus serpong, so far cukup baik. Pelayanannya baik, suster2 yang ramah, dan penjelasan pentingnya asi yang cukup. Untuk perlengkapan seperti nicu saya kurang tau, soalnya setelah melahirkan dari carolus, saat anak saya kuning, dirawatnya di siloam karawaci. Mungkin bisa tanya2 dengan suster disana sebelum memutuskan melahirkan di carolus. Susternya mau koq nganterin liat2 ruangannya ( karena sebelumnya saya juga lihat2 dulu ).

      Saya pakai dokter Maria Ratna, soalnya dia cukup terkenal di tempat kerja saya. Teman2 kantor banyak berobat di dia, bukan cuma di carolus aja, tapi juga di siloam kebon jeruk. Saya juga denger2 dari beberapa orang kalau dia itu perfeksionis, menurut saya sih bagus, apalagi saya kan caesar bukan persalinan normal.
      Di carolus ada juga dokter yang antriannya lebih banyak dari dr maria, dr djoko namanya. Teman saya yang berobat dengan dr djoko alasannya karena vitamin2 yang diberikan tidak banyak, sedangkan kalo dr maria sampai 3 vitamin. Lalu teman saya operasi caesar dengan dr djoko tidak sampai 5 hari boleh pulang. Ya sebenernya sih tergantung kita sregnya sama dokter yang mana. Saya pilih dr maria salah satunya gara2 ngga sreg ke dokter kandungan cowo, hahaha..

      O ya, just share, temen kantor saya melahirkan di eka hospital, anaknya masuk nicu karena masalah usus ( saya kurang jelas penyakitnya apa, tapi harus operasi usus gtu ). Penangannya juga dengan dokter spesialis yang denger2 jarang dokter spesialis untuk penanganan penyakit tersebut. Saya sempat menengok dan melihat dari luar. Harusnya sih peralatan di nicunya lengkap ya, karena anaknya teman saya itu bisa sembuh setelah dirawat dan ditangani disana. Mungkin bisa coba tanya2 ke eka hospital juga :)

      Hapus
  7. Hi Nicola,

    Thanks for the reply dan infonya ya... aku weekend ini sama suami mau coba ke st carolus dan eka hospital. Once again thank you, really appreciate it! :)

    BalasHapus