April 22, 2015

Salahkah Jika Hanya Punya Satu Anak?

"Anak keberapa Bu?"
~ "Anak pertama."
"Wah, kapan rencana nambah lagi?"
~ "Hehehe.. Belum tau nih.."

Percakapan diatas seriiiing banget terjadi di hidup gw setelah gw melahirkan baby F. Emang bener yah, dulu gw pernah dikasi tau, biasanya pertanyaan klasik orang2 tuh kaya begini nih : 

"wah, udah lulus kuliah, kapan kerja?"
"ngga kerasa kamu udah dewasa, udah bisa cari duit sendiri, udah ada pasangan belum?"
"pacaran terus nih, kapan nikah?"
"kapan nih rencana dapet momongan, kalo udah nikah mah jangan ditunda-tunda"
"iiih lucu banget baby nya, kapan nih rencana nambah adik?"

Yah begitulah biasanya orang2 nanya, dan itu gw alamin, apalagi yang berkaitan dengan nambah adik buat baby F. Hadeeuuhh capek gw jawabinnya. Gw pernah jawab:

"belum tau"
"tanya bapaknya aja"
"satu aja udah capek", sampe akhirnya kalo ada yang nanya gw sekarang bilang:
"satu ajalah cukup". Udah gw jawab gitu, eeeh masi ditimpali juga dengan:

"jangan cuma satu, nanti kita repot nemenin ngobrolnya" >> apa hubungannya coba?
"anaknya nanti jadi egois lho" >> kayanya tergantung pola asuh ortunya deh
"kalo bisa sih punya anak 1 cewe, 1 cowo" >> lah malah ngasih saran -.-

Yang gw tekannkan disini, kenapa ya banyak banget masyarakat Indonesia yang demen nanya masalah anak. Kalo ketemu, yang ditanya anaknya berapa, kapan nambah lagi. Sedangkan ketika gw ketemu sodara gw yang memang lahir dan hidup di luar negri, mereka ngga ada kepo2 nya tuh nanyain masalah anak. Sebenarnya gw udah risih banget dan eneq kalo ada orang yang nanya2 ke gw tentang kapan nambah anak lagi, karena biasanya kalo gw jawab 1 aja cukup, biasanya mereka menimpali dengan kata2 yang gw tulis diatas.

Gw dan misua sebenernya ngga ada kesepakatan juga mau punya anak berapa. Gw sih pernah bilang aja sama misua, gimana kalo kita punya anak 1 aja. Tanggapan dia cuma, yaaa kalo kita punya anak 2 atau lebih dan tidak bisa menyejahterakan mereka ya jangan. Gw sih sebenernya pengen punya maksimal 2 anak. Tapi ya itu dia, kalo nanti dalam perjalanan hidup gw ini, gw pikir gw kurang bisa menyejahterakan kedua anak gw, ya mending punya 1 aja dong. Dan ini dia yang akhir2 ini ada dipikiran gw, kalo gw kepengen punya anak 1 aja. Banyak pemikiran yang sebenarnya jadi pertimbangan gw. Masalah biaya? Jelas lah ya, siapa si yang berani bilang kalo punya anak ngga butuh duit? Jelas butuh banget! Masalah waktu? Jelas lah ya, punya anak 2, waktu kita menjadi lebih terbagi, ya terbagi ke anak 1, anak 2, juga ke misua. Butuh tenaga ekstra buat seorang perempuan untuk memberi perhatian full kepada masing2 anggota keluarga. Masalah masalah? Maksudnya disini, masalah yang akan timbul dikarenakan punya 2 anak, misal masalah si anak yang malas belajar lah, maunya main terus lah *duuuh amit2 dah ya. Pastinya itu bakal jadi pikiran seorang Ibu.

Mengenai masalah biaya, banyak yang bilang juga "iiih kaya ngga punya iman aja, Tuhan pasti mencukupkan segala sesuatu". Mengenai masalah waktu, ada yang bilang juga "yaa tergantung bagaimana kita membagi waktu, harus pinter lah ya". Mengenai masalah masalah, ada yang bilang "setiap masalah pasti ada jalan keluarnya". Tapi gw bukan orang yang kaya begitu, kayanya agak pasrah gitu. Gw punya kekhawatiran2 yang mungkin membuat gw akhir2 ini berpikiran, kayanya 1 anak aja cukup deh. Dibilang capek ngerawat anak ya capek, tapi gw juga senang sebenarnya, dan gw menikmati masa2 gw merawat baby F. 

O iya, ada satu lagi pendapat orang yang menurut gw, gw amat sangat ngga setuju. Dia bilang, kalo kita ngga punya anak, siapa yang merawat kita saat kita tua nanti? Laaaah ini aneh bener ya. Kesannya koq kasih sayang orang tua tidak sepanjang jalan dong ya, karena mengharap timbal balik saat tua nanti agar dirawat. Menurut gw punya anak demi supaya masa tua ada yang ngerawat itu salah banget! Gw ngga mau jadi seperti itu. Gw punya anak ya karena gw memang mau punya anak, bukan karena ada timbal balik supaya masa tua gw nanti dirawat. Makanya selagi muda, menabunglah supaya tua nanti tidak merepotkan anak. Kalaupun masa tua nanti kita dirawat anak kita, ada baiknya itu memang merupakan keikhlasan dari anak kita sendiri, bukan karena kita yang minta2.

Mungkin ada beberapa masyarakat yang punya anak lebih dari satu, hanya karena situasi tersebut sudah umum di Indonesia. Orang Indonesia ngga sreg kalo punya anak cuma 1, kata orang tua anak jangan 1, banyak yang nanyain kapan punya anak lagi, sehingga akhirnya memutuskan menambah anak. Hey, keputusan menambah anak bukan hanya berdasarkan hal2 sepele seperti itu. Sungguh menyedihkan apabila ada pasangan yang mempunyai anak hanya karena agar punya saja, agar tidak ditanya orang2, agar tidak ditanya orang tua terus yang ingin segera menimang cucu. 

Keputusan mempunyai anak dan jumlahnya ada di kita sendiri (dan suami). Karena kita sendiri yang bakal mengalami susah senangnya memiliki anak. Hal ini sebenarnya yang sedang gw tanamkan di pikiran gw ini. Jangan sampai karena saking banyaknya opini masyarakat, sehingga gw menambah anak tanpa pikir panjang.

So, mau punya anak 1 atau 2 atau bahkan tidak memiliki anak kembali lagi kepada kemampuan kita dan kesanggupan kita masing-masing, mampu ngga nanti ngurus anak dengan segala kesenangannya dan keriweuhannya juga.

1 komentar:

  1. Setuju banget. Saya juga cuma ingin punya 1 anak. Tapi kalo pasangan saya orang bule, bolehlah 2 anak hehehe. Saya sangat sangat setuju dgn kalimat mempunyai anak karena memang menginginkannya, bukan karena tuntutan orang lain

    BalasHapus