April 01, 2015

Review - Cloth Diaper Ecobum (Clodi Terbaik dengan Inovasi Terkini)

Hai semua, kali ini gw akan me-review clodi Ecobum yang dipakai oleh baby F. Sebelumnya gw juga pernah mereview beberapa clodi yang dipakai baby F, tetapi kali ini review nya mengenai clodi Ecobum secara lebih spesifik.

Berikut penampakannya.



Seperti kebiasaan gw, kalau mau beli sesuatu, pastinya cari tahu dulu barang yang mau dibeli itu kaya gimana sih, cocok ngga ya, dan sebagainya. Gw beli clodi ini bener-bener pas awal banget clodi Ecobum baru launch, baby F juga belum lahir. Akhirnya gw memutuskan untuk membeli tiga buah clodi Ecobum pants setelah membaca spesifikasi mengenai clodinya di web nya Ecobum, di: www.ecobum.net . Ini pertama kali gw membeli barang tanpa baca review dulu, (karena kan memang baru launch) tapi gw tertarik sekali dengan spesifikasi clodi di web Ecobum yang sudah menggunakan inovasi terkini.

Berikut beberapa inovasi dari clodi Ecobum yang sudah gw rasakan sendiri, hehehe..

Clodi Ecobum ini sudah menggunakan inner suede, sedangkan clodi yang gw beli kebanyakan inner nya fleece. Dan setelah penggunaan beberapa bulan, ternyata sesuai dengan apa yang ada di web Ecobum, kalau inner suede itu stay dry, lembut dan tidak menyebabkan iritasi. Selain itu juga lebih mudah dicuci, awet, dan cepat kering. Gw sebagai FTM (full time mom) yang ngga ada ART (assistant rumah tangga), otomatis gw mencuci menggunakan mesin cuci, dan ternyata bener lho, inner nya ngga cepet rusak, lebih cepat kering pula saat musim hujan sekarang ini. Kita tahu kan kalau musim hujan matahari maleesss banget keluarnya, dan clodi Ecobum ini jadi andalan gw.

Selain puas dengan inner suede nya, clodi Ecobum ini juga memiliki pocket atau kantong yang lebar tanpa karet sehingga lebih mudah buat gw saat memasukkan atau mengeluarkan insert. Untuk memasukan insertnya tinggal diselipkan saja di bagian yang berlubang, insert ngga bakal menjulur keluar dan tertata rapi.




Leg Gusset juga tentunya menjadi salah satu kriteria gw dalam membeli clodi. Clodi Ecobum ini memiliki double leg gusset lho, bukan hanya leg gusset saja. Jadi setiap kali baby F poop, ngga pernah bocor samping. Dan juga double leg gusset ini tidak sulit koq saat dibersihkan jika dibandingkan dengan clodi baby F yang memiliki inner gusset. Clodi baby F yang memiliki inner gusset agak sulit dibersihkan poop nya karena suka nyempil diantara kerut-kerutannya itu, sedangkan dengan double leg gusset dari Ecobum ini, poop mudah dibersihkan. O iya, gw membersihkan poopnya selalu pakai semprotan yang ada di samping toilet itu, dan disemprotnya ke arah clodi yang gw pegang deket dengan lubang toilet nya, jadinya poop bisa langsung masuk ke toiletnya. Tentunya setelah itu langsung dibilas dengan air dari keran.
 


Biasanya kalau baby F pakai popok sekali pakai (pospak), terkadang suka meninggalkan bekas memerah di bagian perut dan paha karena karet dari pospaknya tersebut. Tapi kalau pakai clodi Ecobum ini ngga lho. Karena clodi Ecobum ini adjustable, alias dapat diatur ukuran lingkar pinggang serta pahanya. Untuk mengatur ukuran pinggang, dapat menggunakan snap yang ada pada sabuk elastiknya, sedangkan ukuran lingkar paha dan ketinggian dapat diatur dengan snapnya mau agak keatas atau kebawah, disesuaikan aja dengan ukuran baby. Untuk saat ini baby F pakai ukuran snap nya 1 snap sebelum yang terakhir, kalau ukuran pahanya ngga pake snap, soalnya paha baby F agak besar.

Untuk insert yang dipakai oleh baby F adalah insert microfiber. Insert nya ini termasuk kuat, dan awet lho. Mengingat gw selalu pake mesin cuci, gw hanya pakai tangan saat prewash saja. Bahannya juga lembut dan daya serapnya oke karena ketebalannya 3 layer, sehingga mampu menyerap lebih banyak pipis baby.





Cara mencuci clodi sebenarnya mudah. Gw nyuci pake tangan hanya awalnya saja, next gw sudah pakai mesin cuci. Untuk cara cuci dapat dilihat langsung di sini. Jadi ngga ada deh keluhan males pake clodi gara-gara cara mencuci yang ribet. Setelah dicuci, pasti dong clodinya dijemur. Nah, mengenai cara menjemur clodi, ada baiknya kita menjemur secara horisontal, seperti pada clodi baby F yang sedang dijemur ini. Menjemur secara horisontal dapat menjaga elastisitas karet pahanya.


Clodi Ecobum ini gw pakaikan ke baby F saat berusia 3 bulan. Ternyata ngga kegedean lho, ngga bulky. Mungkin karena berat baby F saat lahir juga sudah 3.6 kg, jadi pas usia 3 bulan saat dipakai sudah pas (baby F agak cepet gedenya).



Gw pernah denger ada yang bilang kalo pake clodi bakal lama tengkurapnya, ternyata hal itu ngga bener. Baby F sudah lancar tengkurapnya sejak usia 4.5 bulan. Sekarang tidurpun maunya sambil tengkurap. Ada juga yang bilang nanti kakinya jadi tidak lurus, dan banyak alasan-alasan lain lagi yang seolah-olah mereka ingin gw menggunakan disposable diaper saja, tapi gw tetap yakin kalau hal itu ngga bener. Dari review para Ibu yang gw baca, terbukti hal itu ngga bener.

Untuk bahan luaran dari clodi Ecobum ini, gw punya yang jenis Minky dan PUL. Kalau yang jenis minky, gw punya motif yang Giraffe (warna orange). Jenis Minky ini bahannya seperti bludru lembut. Walaupun minky, tapi clodi ini tetap waterproof namun breathable. Jadi ngga 'ngep' atau lembab di dalam. Sedangkan untuk yang bahan luaran PUL, baby F pakai motif  Green Paisley (hijau) dan Flower Bird (cokelat).



O iya, clodi Ecobum ini dikemas secara menarik lho. Bungkus clodinya cakeeep. Bisa digunakan untuk tempat kosmetik.


Mengenai harga, hayooo tebak berapa? Tadinya setelah gw membaca spesifikasinya, gw pikir harganya sekitar 200 ribuan, tapi ternyata ngga lho. Harga clodi Ecobum ini sangat terjangkau, untuk pants harga rata-rata 85 ribu s/d 95 ribu saja. Tentunya sangat worth untuk dibeli, apalagi jika dibandingkan dengan uang yang kita keluarkan untuk penggunaan disposable diaper.

Setelah menggunakan clodi Ecobum ini, ternyata sesuai dengan apa yang tertulis di web Ecobum. Clodinya sudah menggunakan inovasi terkini dan tentunya menjadi clodi murah berkualitas pilihan Ibu kayak gw ini, yang ingin hemat tapi dapet kualitas yang oke.

Sekian dulu review mengenai clodi Ecobum ini. Dengan menggunakan cloth diaper, kita turut melestarikan lingkungan alam kita. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?

Notes: Buat buibu yang baru mau lahiran atau lagi persiapan perlengkapan babynya, boleh dong mampir ke lapak perlengkapan mom n baby gw, hehehe.. dijamin harga murah, silakan dibandingin dengan toko sebelah. Bisa transaksi di tokped nya atau langsung contact gw:
https://www.tokopedia.com/starlightshopcs

Happy cloth diapering!






9 komentar:

  1. Beli clodi nya di ol shop apa mbak? Saya ingin beli tapi bingung saking banyaknya ol shop.

    BalasHapus
  2. Hai mbak Cut Fitria, saya beli nya di clodi griya avicena di facebook :)

    BalasHapus
  3. Mb nicola, double leg gussetnya sama dengan gusset di model clodi tipe coveria ya mba? kalo dibandingkan sama babyland, sobi, dan bamboola gimana mba? klo beli ecobum, saran mba lebih baik pilih yg minky apa PUL mba?

    thenkiest mba

    BalasHapus
  4. Hai Mba Mariah..

    Double leg gusset nya itu mirip dengan clodi tipe coveria, tapi yang ini agak lebih tebal, jadi lebih menampung poop. Kalo untuk perbandingan, saya belum pernah coba babyland, sobi, dan bamboola, hehehe..

    Untuk minky dan PUL selera sebenarnya. Tapi kalau saya lebih suka minky karena kalau gendong baby, minky nya itu lembuut banget pas kena tangan :)

    BalasHapus
  5. memang enak pakai clodi ya bun. saya juga pakai clodi tuk anak saya, dan sampai sekarang clodinya masih awet bisa diturunkan ke adiknya nanti, kerasa hematnya juga. klo ecobum ngeluarin clodi buat nb nggak ya bun?

    BalasHapus
  6. Hai Bunda Ummu Fatima..

    Untuk melihat jenis produk ecobum dapat langsung ke websitenya di www.ecobum.net . Kalau saya lihat di websitenya si clodinya ada yang bisa dipakai dari berat badan 3 kg, mungkin bisa dipakai buat nb :)

    BalasHapus
  7. hai mba, saya mau tanya... untuk pencucian insert dengan mesin cuci apakah digabungkan dengan cucian lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya digabungkan, tapi insert sudah dibilas dahulu, jadi ngga terlalu tercium bau pesingnya..

      Hapus
  8. Mbak.. Kalau pake pull up pants, kan mesti kenceng banget ya snap nya. Membekas ga Mb sama paha n perutnya?

    BalasHapus